4 KARAKTERISTIK PENTING NAMA DOMAIN YANG BAIK

0
344
Sumber : https://www.hostingan.id/kegunaan-nama-domain-indonesia-berdasarkan-ekstensi/

Domain dapat diartikan sebagai real estate di dalam internet. Artinya jika Anda menginginkan satu real estate pribadi di internet, Anda harus membeli dan mempertimbangkan beberapa karakteristiknya. Jika dianalogikan sebagai real estate, domain yang bagus adalah domain yang mempunyai lokasi terbaik.

Maka dari itu, domain yang bagus merupakan pondasi kuat dalam permulaan bisnis blog Anda. Kesalahan dalam pemilihan domain, akan memicu kesulitan dalam mengelola blog. Ada beberapa karakteristik yang harus diperhatikan dalam memilih dan membeli domain sebagai real estate Anda di internet. Berikut ini adalah beberapa karakteristiknya.

  1. Singkat. Artinya nama yang digunakan harus singkat agar pengguna internet dan pembaca dapat mengingat nama domain dengan mudah. Nama yang digunakan seperti www.howtobeabettermaninfuture.net misalnya akan sukar diingat. Beda halnya jika nama domain tersebut dipersingkat menjadi www.abetterman.net. Nama yang digunakan lebih singkat, akan tetapi tidak mengubah makna dari nama domain tersebut. Tentunya nama domain kedua akan lebih mudah diingat karena lebih singkat.
  2. Ejaan yang mudah. Terkadang, karena merasa blog pribadi Anda memikirkan nama yang terlihat lain daripada yang lain. Namun, mengesampingkan ejaan yang mudah adalah hal yang sangat disayangkan. Misalnya jika Anda menggunakan bahasa lain sebagai nama domain, seperti www.passevotresejour.net tentunya akan menyulitkan bagi orang lain yang akan mengakses blog Anda. Maka dari itu, harus diperhatikan juga tujuan dan target dari blog Anda. Sebisa mungkin cobalah gunakan kata yang umum, lumrah, dan mudah dieja oleh siapa pun.
  3. Mendeskripsikan konten yang disajikan. Pengunjung akan cenderung menggunakan kata kunci untuk mencari konten yang diinginkan melalui mesin pencari internet. Artinya jika konten yang disajikan tidak sesuai dengan nama domain, tentu akan membuat banyak pengunjung yang  “nyasar” ke blog Anda.

Penggunaan nama domain selain sesuai dengan content yang akan disajikan, bisa juga disesuaikan dengan nama produk. Seperti coffeesmithjkt.net yang berisi tentang story Muhammad Aga (bit.ly/MUHAMMAD-AGA) dalam mendirikan Coffeesmith.

Coffeesmith sendiri merupakan jawaban atas semua pertanyaannya dalam mengembangkan bisnis di kopi. Menurutnya kopi memiliki karakter masing-masing. Berbeda jenis kopi, penyeduhan, dan parameter, maka beda pula hasilnya. Semuanya ia jawab di coffeesmithjkt.net untuk berkomunikasi dan mendistribusikan apa yang Aga suka ke orang banyak dan juga bisa membuat identitas Coffeesmith lebih dipercaya orang.

  1. Menggunakan domain populer. Ada baiknya memiliki ekstensi yang mempunyai rekor baik seperti .net yang juga menjadi salah satu TLD terpopuler. Ada ribuan domain yang menggunakan layanan gratis untuk dijadikan real estate blog. Tentunya ini akan sangat merugikan. Selain keterbatasannya, eksistensi serta tingkat kepercayaan pembaca tidak akan maksimal. Dalam penggunaan domain berbayar, pondasi kita dalam membuat blog akan semakin kuat. Artinya untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus berusaha maksimal dalam pengelolaan. Salah satunya dengan menggunakan domain seperti .net.

Beberapa karakteristik di atas dapat Anda jadikan acuan dalam pemilihan nama domain untuk blog. Ada beragam ekstensi domain yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun, jika Anda benar-benar serius untuk memulai bisnis blog, penggunaan ekstensi .net bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik. Untuk memilih .net dan mengetahui bagaimana cara kerja serta sistem yang akan Anda pilih tentang .net, kunjungi jawabkenapamudengan.net.