Wajibkah Uang Istri yang Bekerja Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

0
18
uang istri yang bekerja

Dewasa ini, pendapatan seorang istri yang lebih tinggi dibandingkan suami. Namun, apakah uang istri yang bekerja bisa untuk kebutuhan rumah tangga? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus mencoba mendalaminya lebih lanjut. Pasalnya, kita tidak bisa langsung menjawabnya tanpa dasar.

Pertimbangan pertama untuk menjawab apakah uang istri bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga adalah mempertimbangkan peran suami. Seperti yang kita ketahui, suami adalah sosok yang menjadi tulang punggung keluarga.

uang istri yang bekerja

Akan tetapi, tidak ada yang menyalahkan istri jika dirinya ingin mendapatkan penghasilan sendiri. Nah, yang jadi pertanyaannya, apakah penghasilan istri ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga layaknya penghasilan yang didapatkan suami?

Beberapa pasangan suami istri, bahkan sebagian besar yang rumah tangganya diisi oleh suami istri yang sama-sama bekerja, mereka menggabungkan uangnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Yang mengelolanya biasanya istri yang pandai mengatur keuangan.

Dalam kondisi tersebut, ada juga istri yang memberikan separuh penghasilannya untuk kebutuhan rumah tangga dan sebagian besarnya lagi untuk keperluannya sendiri. Jadi tidak 100% penghasilan istri untuk kebutuhan rumah tangganya.

Meski begitu, ada juga yang sepenuhnya dari suami dan penghasilan istri untuk kebutuhannya pribadi. Namun suatu waktu ada kebutuhan yang bersifat mendadak, sang istri kemudian membantu suami untuk memenuhinya.

Ada juga yang pendapatannya digunakan untuk membantu suami. Contohnya 70% kebutuhan rumah tangga dari suami dan 30% dari istri. Persentase bisa saja berubah-ubah sesuai dengan kondisi finansial seseorang.

Suami istri yang sama-sama punya penghasilan sebenarnya memiliki kekuatan finansial yang bagus. Terlebih jika penghasilan keduanya tergolong besar. Dengan begitu, baik suami maupun istri bisa menabung untuk kebutuhan finansial di masa yang akan datang.

Kesimpulannya, uang istri bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga juga. Meski begitu bisa juga tidak untuk kebutuhannya sendiri atau ditabung. Semua dikembalikan kepada kondisi finansial masing-masing.

Itulah penjelasan seputar pertanyaan apakah uang istri yang bekerja bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga? Jika Anda punya penghasilan lebih, sebaiknya sisihkan untuk ditabung di Bank Danamon untuk perencanaan finansial di masa yang akan datang.