Tips Membuat Bubur Bayi yang Lezat dan Menyehatkan

0
68
bubur bayi
bubur bayi

Membuat MPASI atau makanan pelengkap ASI harus diperhatikan setiap detailnya. Pasalnya, penyajian MPASI harus tepat baik secara tekstur maupun kandungannya. MPASI harus berbentuk bubur bayi agar bisa dikonsumsi secara optimal.

Nah, berikut ini, kami akan coba jelaskan tips membuatnya kepada Anda. Silahkan perhatikan setiap detailnya, ya.

1.  Pilih Bahan Terbaik

Terbaik yang kami maksud di sini yaitu tidak hanya dari segi rasa saja, tapi dari kandungannya juga. Untuk memilih bahan terbaik juga tidak selalu harus yang mahal. Bahan-bahan utama terbaik yaitu beras putih biasa, beras merah, gandum, atau oat.

bubur bayi
bubur bayi

Untuk pelengkap ada  banyak varian. Mulai dari daging ayam, hati ayam, hati sapi, sayuran, ikan, hingga buah-buahan. Anda juga bisa memilih kacangan seperti kacang hijau juga sebagai bahan MPASI.

2.  Perhatikan Kandungan

Untuk mengetahui kandungan-kandungan nutrisi dari setiap bahan, kini tidak terlalu sulit. Informasinya sudah tersedia secara lengkap di internet. pastikan MPASI yang Anda buat memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Kenapa harus memperhatikan kandungan nutrisinya? Pasalnya, kandungan nutrisi sangat penting sekali karena kebutuhan nutrisi anak-anak jauh lebih besar dibandingkan kebutuhan nutrisi orang dewasa.

3.  Kombinasikan Bahan-Bahan

Anda bisa mengombinaskan bahan-bahan pelengkap. Contohnya menggabungkan beras merah, wortel, dan hati ayam sebagai bubur tim yang bagus sebagai MPASI yang kaya akan nutrisi.

Anda juga bisa menggabungkan bubur nasi putih biasa, ikan patin, dan juga brokoli. Silahkan Anda kreasikan sendiri jenis bubur sesuai dengan kebutuhan si kecil. Kombinasi ini penting sekali untuk mengoptimalkan kandungan nutrisi pada makanan si kecil.

4.  Pengolahan yang Tepat

Pengolahan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Usahakan untuk tidak menggunakan blender saat membuat bubur MPASI. Olah dengan cara direbus sampai halus dan berbentuk bubur.

Sedangkan untuk sayuran, pastikan Anda memasukkannya di akhir. Tujuannya agar sayuran tidak diolah terlalu matang karena bisa merusak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Nah, itulah tips seputar membuat bubur bayi yang penting untuk diperhatikan oleh setiap orangtua. Kini Anda tidak perlu ribet membuatnya sendiri. Karena Cerelac telah hadir dengan beragam pilihan MPASI terbaik.