Simak Cara Menyembuhkan Batuk Pada Anak Secara Alami

0
11
cara menyembuhkan batuk pada anak
cara menyembuhkan batuk pada anak

Batuk merupakan sebuah reaksi yang bisa muncul karena tubuh melakukan pertahanan terhadap bakteri yang menyerang. Batuk yang terjadi pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya akibat virus dan lainnya. Selain itu, batuk juga bisa disebabkan oleh refluks asam lambung, sinusitis, atau bahkan alergi. Batuk yang hanya terjadi sesekali mungkin tidak mengganggu, tetapiĀ jika terjadi secara terus-menerus tentunya harus segera ditangani. Mengetahui cara menyembuhkan batuk pada anak penting dilakukan untuk mencegahnya semakin parah.

Pada umumnya, anak-anak yang sering mengalami batuk, terjadi akibat makanan dan minuman yang telah dikonsumsinya.Ā Orangtua perlu mengetahui bagimana cara mengobati batuk yang dialami oleh si Kecil dengan tepat. Seperti menggunakan bahan-bahan alami yang bisa mengurangi efek samping yang tidak diinginkan. Terdapat banyak sekali jenis obat alami yang mudah ditemukan dan bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan batuk pada anak. Berikut ini beberapa bahan alami yang menjadi obat untuk atasi batuk yang dialami si Kecil.

cara menyembuhkan batuk pada anak
  1. Perasan air lemon

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan baik untuk sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu,  mengonsumsi perasan air lemon bisa membantu tenggorokan menjadi lebih lega dan mengurangi rasa gatal yang terjadi di tenggorokannya. Anda bisa membuat minuman dengan perasan air lemon yang dicampur air hangat untuk membantu meredakan batuk pada anak. Sebaiknya, perasan air lemon tersebut diminum secara teratur 2-3 hari dalam seminggu sampai batuk mereda.

  1. Menghirup udara dari uap air 

Uap air hangat bisa menjadi alternatif alami untuk memperlancar aliran pernafasan anak yang sedang tersumbat akibat lendir. Ketika si Kecil batuk, anda bisa  menyediakan semangkuk kecil air hangat untuk dihirup uapnya. Sebaiknya, anda menutup mangkuk yang berisi uap dengan handuk tipis untuk mengurangi risiko air tersebut akan langsung mengenai tubuh si Kecil. Kemudian, biarkan si Kecil untuk menghirup uap air tersebut selama 15 menit.

  1. Kumur-kumur menggunakan air garam 

Garam tidak hanya digunakan untuk keperluan memasak, tetapi juga bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan akibat batuk. Anda bisa memberikan si Kecil air garam untuk dikumur-kumur. Larutan air garam tersebut bisa membunuh bakteri yang ada di mulut. Dengan rutin berkumur menggunakan air garam 3 kali sehari bisa mmebantu meredakan batuk si Kecil agar cepat sembuh.

  1. Memperbanyak minum air putih untuk redakan batuk

Air putih sangat penting bagi tubuh, karena mampu menetralisir segala asupan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, air putih bermanfaat untuk membuat cairan dalam tubuh tetap terjaga dan menghindari dehidrasi. Ketika si Kecil batuk, sebaiknya minta si Kecil untuk banyak meminum air putih. Tujuannya agar si Kecil tidak kekurangan kekurangan cairan karena kurangnya asupan air putih. Kekurangan cairan bisa membuat kekebalan tubuh si Kecil semakin menurun dan memperlambat pemulihan tubuhnya. Untuk itu, anjurkan si Kecil untuk meminum air putih secara teratur untuk meredakan batuk dan bisa sembuh dengan cepat.

  1. Konsumsi buah jeruk sebagai sumber vitamin

Jeruk adalah buah yang juga kaya akan Vitamin C serta mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri. Dengan mengonsumsi jeruk, maka kekebalan tubuh akan meningkat. Dengan begitu, daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan penyakit yang menyerang.

Selain menggunakan bahan-bahan alami untuk meredakan dan menyembuhkan batuk si Kecil, orangtua juga perlu memperhatikan kondisi tubuh si Kecil. Ketika anak batuk sebaiknya, minta mereka untuk istirahat yang cukup. Pastikan anak untuk beristirahat di rumah dengan tidur cukup dan tidak menjalani aktivitas yang bisa memperlambat penyembuhan batuk. Istirahat yang cukup juga menjadi salah satu cara menyembuhkan batuk pada anak dengan cepat.

Ketika anak mengalami batuk, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Seperti misalnya minuman manis, minuman dingin, dan makanan yang digoreng. Sebaiknya, berikan si Kecil makanan berkuah hangat yang bisa menghindari batuk karena gatal di tenggorokan. Jika si Kecil mengalami gejala batuk alergi, maka sebaiknya hindari pemicu alergi pada anak. Perhatikan dengan baik kebersihan kasur dan lingkungan rumah dari debu, jamur ataupun bulu hewan yang menempel.

Itulah tadi seklias informasi mengenai cara untuk menyembuhakan anak dari batuk secara alami. Semoga informasi tersebut mampu memberikan pengetahuan yang bermanfaat.