Sambil Menunggu Vaksin Corona, Terapkan Tips Sehat Saat Pandemi Berikut

0
272

Salah satu pelajaran berharga yang bisa dipetik dari terjadinya pandemi adalah masyarakat semakin rajin menjaga kebersihan. Apalagi setelah diungkapkan imbauan mengenai pentingnya penerapan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker) oleh pemerintah. Di sisi lain, penelitian dan uji klinis secara maksimal untuk menetapkan vaksin corona yang paling tepat juga masih terus dilakukan.

Sambil menunggu vaksin ditemukan, masyarakat juga terus diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Selain dengan menggunakan masker dan menjaga jarak, Anda juga dianjurkan untuk menerapkan beberapa tips penting berikut ini:

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi antara lain yang mengandung 4 sehat dan 5 sempurna, seperti lauk pauk, roti, susu, kentang, nasi, sayur, dan buah-buahan.

Berdasarkan pernyataan dari Dokter Juwalita Surapsari selaku Doker Spesialis gizi klinik, asupan dengan gizi seimbang seharusnya diberikan dalam porsi yag tidak berlebihan. Buah dan sayur bisa dikonsumsi antara 3-5 porsi per hari.

Rajin Mencuci Tangan

Imbauan untuk rajin mencuci tangan selalu disampaikan di manapun, baik di poster-poster yang ada di jalanan hingga berbagai iklan layanan masyarakat. Hal ini karena mencuci tangan memang sangat penting dilakukan dan dianggap paling efektif. 

Anda bisa mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun minimal selama 20 detik. Setelah itu bilas kembali menggunakan air bersih lalu keringkan dengan kain yang bersih.

Rajin Konsumsi Vitamin

Vitamin C dipercaya bisa menjadi asupan vitamin untuk meningkatkan kekebalan. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh vitamin C bisa menangkal radikal bebas serta meningkatkan sistem imun. Selain itu, produksi kolagen juga penting untuk regenerasi kulit sehingga kulit akan selalu sehat dan terlindungi. 

Berolahraga dan Berpikir Positif

Olahraga sangat perlu dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan selalu dalam keadaan yang fit. Cukup melakukan olahraga yang sederhana dan tak memerlukan biaya, seperti push up, aerobik, senam, dan lain-lain.

Selain olahraga, Anda juga harus mengelola stress dengan baik. Sebab pikiran yang buruk bisa berpengaruh besar pada kondisi kesehatan Anda. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, Anda harus rajin berolahraga dan selalu berpikir positif.

Rajin Minum Air Putih

Air putih memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan. Dengan meminum air putih yang cukup, maka tubuh akan terbantu dalam mengeluarkan racun melalui keringat. Tubuh juga bisa terhindari dari dehidrasi sehingga daya konsentrasi bisa meningkat.

Anda juga dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan baik. Misalnya dengan rajin menggunakan disinfektan sebelum menyentuh benda-benda tertentu, baik di dalam rumah maupun di tempat umum.

Selain itu, kualitas tidur juga harus diperhatikan. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat hidup menjadi lebih sehat. Pada umumnya, jumlah jam tidur yang harus diterapkan oleh setiap orang memang berbeda. Dikutip dari Halodoc, idealnya lama jam tidur bagi orang dewasa dengan rentang usia 18-60 tahun adalah 7 jam atau lebih setiap malam.

Dengan menerapkan beberapa tips penting di atas, besar kemungkinan Anda bisa terhindar dari infeksi Covid-19. Selalu berhati-hati dan waspada, sebab jika sampai terinfeksi imbasnya juga akan menimpa orang-orang di sekitar Anda. 

Sambil menunggu vaksin corona ditetapkan, lebih baik mulai memperbanyak referensi mengenai tips terbaru seputar kesehatan dan vaksin. Nah, salah satu laman bermanfaat yang bisa Anda kunjungi adalah Halodoc. Anda bisa menemukan berbagai tips penting, informasi terbaru seputar corona, bertanya langsung pada dokter, serta menemukan hal-hal bermanfaat bagi kesehatan lainnya.