Pentingnya Sekolah Film Sebelum Terjun di Industri Perfilman

0
66
sekolah film
sekolah film

Dewasa ini, industri perfilman di dunia, khususnya di Indonesia tergolong semakin potensial. Industri perfilman terus mengalami perkembangan. Ini merupakan kesempatan bagi para calon sineas untuk membuktikan diri dan berprofesi di bidang tersebut. Terlebih saat ini telah hadir sekolah film yang bisa dipilih untuk mendalaminya.

Namun, seberapa pentingkah sebuah sekolah perfilman? Nah, di sini akan kami coba jelaskan kepada Anda. Tujuannya agar Anda bisa mempertimbangkan apakah sekolah ini penting untuk Anda atau tidak.

Keuntungan Mengikuti Sekolah Perfilman

Sekolah Film
Sekolah Film

Agar Anda bisa mengetahui seberapa penting sekolah perfilman, mari kita coba bahas dari segi keuntungannya. Berikut beberapa keuntungan mengikuti sekolah perfilman yang harus Anda ketahui:

1.      Belajar dari Tenaga Pendidik Profesional

Belajar di institusi pendidikan berbeda dengan belajar secara otodidak. Di sini Anda akan belajar dari tenaga pendidik atau dosen yang profesional. Bahkan tenaga pendidik yang mengajar juga merupakan orang-orang yang profesional dan masih bergelut di bidangnya.

Selain belajar secara teori, Anda juga akan belajar dari pengalaman mereka. Anda akan belajar berbagai ilmu filmmaking yang saat ini sedang tren di industri perfilman internasional.

Dosen adalah seorang praktisi profesional. Mereka adalah orang yang ahli di bidangnya, mulai dari produser, penulis, sutradara, dan lainnya.

2.      Fasilitas dan Akses Belajar Lengkap

Anda tidak perlu membeli berbagai peralatan fasilitas untuk membuat film hanya untuk belajar. Karena di sekolah perfilman Anda bisa mendaptkan banyak fasilitas dan akses belajar gratis sebagai aktivitas belajar mengajar.

Selain fasilitas untuk membuat film, juga disediakan banyak sekali buku-buku yang bisa Anda baca dan pelajari. Semua bukunya tentu saja seputar dunia perfilman yang bisa Anda pelajari.

Buku yang bisa Anda akses mulai dari buku-buku untuk belajar script writing, directing, producing, production design, acting, dan masih banyak lainnya.

3.      Mata Pelajaran Terlengkap

Anda akan belajar pembuatan film mulai dari nol hingga menjadi seorang ahli. Anda akan belajar bagaimana cara membuat film mulai dari proses pembuatan skrip film, pemilihan aktor, proses editing, hingga proses launching ke audiens pun dipelajari di sini.

Semakin lengkap mata pelajarannya, semakin mudah Anda menjadi orang yang profesional di bidang perfilman Indonesia. Mata pelajaran menjadi salah satu kelebihan dari sekolah perfilman.

4.      Memiliki Portofolio

Setelah lulus nanti, Anda akan memiliki portofolio hasil pembuatan film yang Anda buat selama mengikuti sekolah. Selain itu, film yang dihasilkan pun bagus dan berkualitas. Pasalnya, pembuatannya akan dibimbing oleh tenaga pendidik profesional dan berpengalaman.

Portofolio sangat penting sekali untuk Anda yang sudah lulus dari kampus. Portofolio menjadi salah satu satu persyaratan yang penting saat Anda berencana untuk mengerjakan suatu project perfilman.

5.      Membangun Jaringan Profesional

Di sekolah Anda akan bertemu dengan banyak orang. Bahkan, Anda juga akan sering bertemu dengan orang-orang profesional seperti tenaga pendidik yang sudah lama bergelut di dalam bidang perfilman.

Semakin luas jaringan profesional Anda, tentu akan semakin bagus untuk karier Anda setelah lulus nanti. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda akan menjalin kerjasama dengan rekan satu sekolah untuk membuat satu project film bersama.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, sedikit banyaknya kini Anda mengenal tentang kelebihan dan keuntungan masuk di sekolah perfilman. Kesimpulannya, sekolah perfilman sangat penting bagi para calon sineas yang ingin berprofesi di bidang tersebut.

Demikian ulasan seputar keuntungan dan kelebihan memilih sekolah film. Bagi yang sedang bingung mencari institusi pendidikan terbaik untuk sekolah perfilman, IDS Education bisa menjadi salah satu tempat terbaik.