Pentingnya Mengetahui Tentang Virus Panleukopenia

0
20
virus panleukopenia
virus panleukopenia

Tahukah Anda bahwa saat ini ada beberapa virus yang wajib Anda waspadai pada kucing? Salah satunya yaitu virus panleukopenia yang bisa mengancam nyawa kucing kesayangan Anda. Ingin tahu seperti apa karakteristik virus ini dan juga cara mencegahnya? Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskannya secara detail kepada anda.

Penyebab Penyebaran Virus

Sama seperti virus lainnya, panleukopenia juga merupakan salah satu virus yang dapat menyebar dari satu kucing ke kucing lainnya.Tingkat penyebarannya sendiri pun tergolong sangat cepat dan bisa terjadi di mana saja.

Kucing kesayangan Anda bahkan bisa terinfeksi ketika berada di tempat penampungan, di toko perlengkapan kucing, dan saat mereka berada di lingkungannya. Ini merupakan penyebab yang paling sering sekali dialami oleh kucing.

Meski begitu, virus ini tidak akan menyerang atau menginfeksi manusia. Jadi Anda tidak perlu khawatir virus tersebut menyebabkan infeksi pada Anda yang setiap hari berinteraksi dengan kucing kesayangan.

virus panleukopenia

Gejala Infeksi Panleukopenia

Mengenali gejala virus ini sangat penting sekali untuk Anda ketahui. Karena gejala-gejalanya bisa membantu Anda untuk mendeteksinya dan melakukan perawatan intensif agar infeksi tidak bertambah parah.

Gejala-gejala kucing yang terinfeksi oleh panleukopenia adalah:

  • Muntah
  • Dehidrasi
  • Demam tinggi
  • Diare parah
  • Keluar ingus dari hidung
  • Lesu
  • Kehilangan nafsu makan

Sekilas gejalanya seperti kucing yang mengalami keracunan. Maka banyak sekali cat owner yang tidak bisa membedakan mana infeksi panleukopenia dan mana penyakit demam biasa.

Bagaimana Cara Mengobati Infeksi Panleukopenia?

Penyakit yang disebabkan oleh virus pada kucing rata-rata tidak bisa diobati karena belum ada obatnya. Termasuk infeksi yang diakibatkan oleh panleukopenia ini. Meski begitu, infeksi ini bisa dicegah oleh vaksinasi.

Vaksinasi untuk pencegahan virus yang satu ini tidak dilakukan sekali seumur hidup. Vaksinasi harus dilakukan secara berkala satu tahun sekali. Dengan vaksinasi ini, maka kucing akan terhindar dan terlindungi dari infeksi panleukopenia.

Demikian penjelasan seputar virus panleukopenia yang penting untuk Anda perhatikan. Dari penjelasan ini, sedikit banyaknya kini Anda tahu bagaimana cara mencegahnya. Jangan lupa juga untuk selalu memberi makanan terbaik untuk kucing Anda, salah satunya yaitu dari Royal Canin.