Mengenal Jenis Tekstur Mpasi Sesuai Sesuai Usia Anak

0
57

Menginjak usia 6 bulan ke atas tumbuh kembang si kecil semakin bertambah, anak akan semakin lebih banyak bergerak sehingga kebutuhan nutrisinya pun tidak hanya cukup dari ASI saja, makanan pendamping ASI bisa mulai bunda kenalkan pada anak. semakin bertambahnya usia si kecil maka pertumbuhan pencernaannya pun semakin baik, sehingga makanan yang bunda berikan bisa disesuaikan terutama teksturnya, meski anak sudah mulai bisa diberikan makanan pendamping asi tetap saja ada tahapan-tahapannya. Ada tiga tahapan pemberian  tekstur mpasi sesuai dengan umur anak, di antaranya yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Tekstur  lumat

Jika sebelumnya anak hanya menerima makanan cair berupa ASI saja, maka moment pertama ia makan bunda bisa memberikan makanan yang lumat berupa puree dari berbagai olahan makanan bergizi seperti sayuran dan buahan- buahan yang kemudian dibelender disaring. Teksturnya yang lebih encer akan dengan mudah dicerna dan dapat dengan mudah diterima di mulut mungil si kecil.

  1. Tektur lembek.

Selanjutnya yaitu bertekstur lembek yakni makanan yang dibuat dengan cara dicincang-cincang sehingga memudahkan anak untuk memakannya, tekstur lembek ini sangat cocok bagi anak yang sudah menginjak usia 9 bulan. 

  1. Tekstur padat

Untuk makanan yang bertekstur padat bisa mulai bunda berikan pada saat anak sudah menginjak usia 1 tahun, dimana pada usia tersebut sikecil sudah mulai memiliki gigi meski hanya tumbuh beberapa saja, namun setidaknya anak sudah belajar mengunyah sehingga kebutuhan makanannya pun sudah mulai sedikit meningkat teksturnya. Beberapa makanan padat yang bisa bunda berikan seperti buah-buahan yang dipotong dadu, atau sayuran yang dipotong kecil-kecil ketika aka dipasak.

C:\Users\ai rismina\Documents\ARTIKEL\OKTO 19\okto 20\22\shutterstock_781491967 (2) (1).jpg

Tahapan dengan tekstur mpasi seperti yang diatas tersebut sangat penting untuk diperkenalkan pada anak sesuai dengan usianya, jangan heran jika setiap pemberian perubahan tekstur makanan yang bunda berikan tidak langsung lahap dimakan oleh si kecil, sebab dalam hal ini anak perlu penyesuaian pada lidahnya. Untuk pembuatan makanannya bunda bisa mengkreasikan dengan beberapa macam CERELAC resinutri agar si kecil semakin lahap makannya.