Kenapa Harus Memberikan Makanan Nutrisi Tinggi untuk Anak

0
320
makanan nutrisi tinggi

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Mulai dari pemberian simulasi secara rutin hingga pemberian makanan dengan kandungan gizi tinggi. Pemberian makanan nutrisi tinggi mampu memberikan banyak manfaat untuk anak, sehingga akan tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, sehat, dan gemilang.

Berbagai makanan yang bisa Anda berikan adalah berbagai jenis sayur, buah, kacang-kacangan, ikan, daging, dan masih banyak lagi. Agar anak tidak bosan, Anda bisa memberikan menu-menu tersebut dalam bentuk olahan yang lebih enak dan lezat. Alhasil anak akan memiliki nafsu makan yang lebih besar.

makanan nutrisi tinggi
Makanan nutrisi tinggi

Apa Manfaat Pemberian Makanan Bernutrisi?

Pemberian makanan bernutrisi akan memberi banyak manfaat bagi anak. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

Mendukung Proses Belajar

Pemberian nutrisi yang tinggi dan lengkap sangat baik untuk membantu proses belajar anak. Anda mungkin memberikan beberapa simulasi penting untuk merangsang kecerdasan si kecil, agar lebih optimal Anda perlu menambahkan berbagai nutrisi.

Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Anda juga perlu memberikan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak. Pemberian makanan yang mengandung zinc, selenium, vitamin E, vitamin C, dan oligofruktosa akan membantu anak untuk bisa tumbuh dengan lebih baik dan optimal.

Menunjang Tumbuh Tinggi

Agar anak memiliki tubuh yang sehat dan tinggi, Anda juga perlu memberikan beragam makanan bernutrisi tinggi. Anda bisa memberikan makanan seperti kacang-kacangan, kol, kangkung, brokoli, dan bayam untuk pelengkap perkembangan tubuh. Selain itu pemberian vitamin K juga sangat baik untuk menunjang pertumbuhan tulang si kecil. Bukan hanya itu, sayuran berwarna akan membantu anak tumbuh tinggi dengan baik.

Meningkatkan Daya Tahan

Sedih pasti ketika si kecil sakit dan tidak bisa bermain dengan aktif lagi. Untuk mengatasi solusi ini, Anda bisa memberikan asupan bergizi berupa nutrisi agar tubuh anak bisa selalu sehat dan terjaga. Anak juga tidak akan mudah sakit. Pemberian makanan yang penting dan penuh gizi seperti vitamin B, protein, serta zat besi sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Membuat Tulang Kuat

Untuk mendapatkan tulang yang kuat dan kokoh, anak-anak juga bisa mendapatkannya melalui dua susu setiap hari. Pemberian susu dianggap sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak agar lebih optimal dan maksimal. 

Cara Agar Pemberian Nutrisi Tetap Seimbang

Kendati demikian, Anda juga harus memperhatikan pemberian nutrisi kepada anak dengan baik. Jangan sampai memberikan nutrisi yang terlalu berlebihan. 

Anak-anak membutuhkan makanan yang sehat dan mampu mendukung pertumbuhan mereka dengan baik. Jadi, lebih baik tidak memberikan olahan makanan instan atau yang memiliki banyak kandungan MSG. Pemberian makanan yang seimbang dan sesuai kebutuhan akan memberikan dampak positif yang bagus bagi anak.

Pemberian makanan yang bernutrisi juga harus dilihat berdasarkan umur si kecil. Misalnya sebagai berikut:

  • Makanan untuk anak-anak pada usia 6 sampai 8 bulan adalah makanan yang disaring.
  • Makanan yang cocok untuk anak-anak di usia 8 sampai 9 bulan adalah bubur yang diolah secara kasar.
  • Makanan yang sesuai untuk anak-anak di usia 9 bulan sampai 1 tahun adalah makanan yang lebih padat.
  • Anak-anak yang berusia di atas 1 tahun sudah bisa diberikan santapan sama seperti keluarga. Usahakan untuk tetap memperhatikan olahan bahan yang sehat.

Pemberian makanan nutrisi tinggi sangat penting untuk membantu mencerdaskan dan mendukung pertumbuhan buah hati. Maka dari itu, Anda wajib mempertimbangkannya dengan sangat baik.