Kegiatan Bermanfaat Menunggu Jadwal Buka Puasa Ramadhan

0
62
jadwal buka puasa ramadhan
jadwal buka puasa ramadhan

Marhaban yaa ramadhan, alhamdulilah setelah kurun waktu yang cukup lama kita semua dapat dipertemukan kembali di bulan suci ramadhan, bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan. Sebagai umat muslim yang senantiasa bertakwa kepada allah s.w.t bulan ramadhan adalah bulan yang sangat dirindukan. Bagaimana tidak, ketika tidurmu saja menjadi ladang pahala di bulan yang penuh berkah ini, apalagi jika kita menunggu jadwal buka puasa ramadhan dengan melakukan hal-hal yang positif.

Lalu kegiatan bermanfaat apa yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu berpuasa kita?

1. Tadarus al-qur’an

Tadarus al-qur’an sangat bermanfaat untuk mengisi kegiatan di bulan puasa selain kita dapat fasih dalam membaca al-qur’an kita pula memiliki pahala yang insya allah berlipat ganda di bulan yang penuh berkah ini. anda juga bisa mencapai target untuk khatam al-qur’an  di bulan ramadhan ini, dan jangan lupa juga untuk mengamalkan ilmu yang telah dipelajari. “amalkan lah al-qur’an walaupun satu ayat’’.

jadwal buka puasa ramadhan
jadwal buka puasa ramadhan

2. Menghadiri kajian

Menghadiri kajian ketika bulan ramadhan dapat mengisi kegiatan anda ketika menunggu jadwal buka puasa ramadhan, apalagi bagi anda yang terbiasa mengikuti kajian ilmu. Di bulan puasa ini akan banyak kajian-kajian yang sering diselenggarakan di berbagai desa-desa, atau bahkan di masjid besar daerah anda. menuntut ilmu pula menjadi sebuah kewajiban bagi umat islam, setiap langkah kaki yang diniatkan untuk menuntut ilmu karena allah s.w.t maka setiap langkah kakimu akan dihitung sebagai jihad di jalan allah s.w.t.

3. Melakukan silaturahmi

Setiap orang yang melakukan silaturahmi terhadap keluarga, sanak saudara juga sahabat muslim lainnya maka akan dipanjangkan umurnya serta dilancarkan rezekinya. Dengan melakukan silaturahmi juga kita bisa mempererat tali persaudaraan agar ukhuwah tetap terjaga, bukankah akan sangat membahagiakan ketika kita dapat berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi dibulan yang penuh berkah ini sahabat?

4. Berolahraga ringan

Meskipun di bulan ramadhan kita tidak diberi pasokan makanan kurang lebih selama 13 jam namun bukan berarti kita tidak dapat melakukan kegiatan olahraga. Olahraga sangat penting bagi tubuh, anda dapat mengisi waktu jadwal buka ramadhan dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, atau bahkan mengikuti perkumpulan panahan, karena memanah merupakan olahraga sunah yang dianjurkan oleh nabi Muhammad s.a.w. dengan olahraga memanah juga kita bisa melatih fokus dan feeling kita.

Nah itulah beberapa informasi mengenai kegiatan bermanfaat yang dapat anda lakukan untuk menunggu jadwal buka puasa ramadhan, melakukan kegiatan positif tentu akan memberi manfaat yang positif pula bagi anda juga mendapatkan pahala yang insya allah berlipat ganda, dan sebaliknya ketika anda melakukan hal negatif maka akan berimbas dengan pahala yang akan anda dapatkan atau mungkin akan menjadi sebuah dosa ketika anda melakukan perbuatan yang melanggar norma agama, audzubillahimindzalik