Jurusan Kerja Sambil Kuliah yang Cocok di Era Milenial

0
39
kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

Jangan asal memilih jurusan kuliah. Sekalipun Anda akan memilih kerja sambil kuliah. Tetap pilih jurusan yang prospektif di masa depan dan sesuai dengan kemampuan serta passion Anda. Saat ini ada banyak sekali fakultas yang bisa anda pilih. Namun, semakin banyak pilihan, terkadang membuat kita semakin bingung dalam menentukannya.

Nah, bagi Anda yang sedang kebingungan memilih jurusan yang sesuai, berikut akan kami rekomendasikan. Fakultas yang kami rekomendasikan di sini, tergolong cukup prospektif di era milenial saat ini:

kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

1. Software Engineering

Perangkat lunak saat ini sudah semakin dibutuhkan. Ada banyak perusahaan maupun pelaku usaha yang membutuhkan sebuah perangkat untuk menunjang dan mempermudah pekerjaannya.

Pekerjaan di bidang ini tergolong sangat potensial. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan di bidang pembuatan software, jurusan ini adalah pilihannya. Tidak hanya lowongan kerjanya saja yang terbuka, peluang bisnis pun cukup besar. Karena, Anda bisa membuka layanan pembuatan software sendiri.

2. Mobile Aplikasi

Selain perangkat lunak di komputer, aplikasi mobile pun saat ini banyak dibutuhkan. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan aplikasi tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan kepuasan dan menarik banyak konsumen.

Bagi Anda yang tertarik di bidang ini, Anda bisa memilihnya. Seorang yang memiliki kemampuan membuat aplikasi mobile banyak dibutuhkan. Anda berpeluang untuk bekerja di perusahaan atau membuka layanan sendiri menjadi seorang freelancer.

3. Game Development

Menjadi seorang pengembang game, khususnya untuk mobile, kini sudah berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Menjadi seorang pengembang kini banyak peminatnya. Selain itu, peluangnya pun besar. Nantinya, Anda bisa direkrut di sebuah perusahaan pengembangan game.

Anda juga bisa membuat atau mengembangkan game sendiri. Lalu, game Anda bisa langsung di-upload ke Google Play agar bisa dinikmati banyak orang. Penghasilan bisa dari adsense, atau pembelian item pada game milik Anda.

4. Cyber Security

Setiap perusahaan swasta maupun instansi, saat ini sudah menggunakan komputer dan jaringan internet dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari. Itu artinya, mereka memerlukan sebuah sistem keamanan yang ekstra ketat. Tujuannya agar keamanan data akan tetap terjamin.

Bidang ini masih tergolong minim pesaing. Jika Anda berminat, Anda bisa memilihnya. Selain itu, bayaran atau gajinya pun cukup tinggi, loh. Namun, tidak mudah untuk menjadi seorang cyber security. Jadi, persiapkan diri Anda.

Tips Sukses Kerja Sambil Kuliah

Setelah kami menjelaskan apa saja jurusan yang bisa Anda pilih dan prospektif di era milenial, kini saatnya anda juga menyimak tips sukses agar bisa kerja sambil kuliah. Berikut kami jelaskan tipsnya kepada Anda:

1. Pilih Kelas Karyawan

Agar jadwal kuliah tidak mengganggu pekerjaan, silahkan pilih kelas karyawan. Dengan memilihnya, Anda hanya memerlukan dua kali dalam seminggu saja untuk kuliah.

2. Memilih Tempat Kerja Terdekat

Agar mudah dalam membagi waktu, silahkan pilih tempat kerja yang dekat. Selain itu, Anda juga tidak akan kelelahan ketika menjalankan kedua aktivitas tersebut secara bersamaan.

3. Pilih Jurusan yang Sesuai Pekerjaan

Jika Anda sedang bekerja, dan berencana untuk melanjutkan kuliah tanpa harus meninggkalkan pekerjaan, pilihlah jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda. Hal ini bagus untuk masa depan Anda di tempat kerja.

4. Pilih Pekerjaan yang Tepat

Maksud tepat di sini adalah, perusahaan yang menerima karyawan yang masih menjalani pendidikan. Carilah perusahaan tersebut agar Anda nyaman menjalankan keduanya.

Nah, itulah beberapa jurusan yang potensial bagi Anda yang berencana kerja sambil kuliah. Bagi yang tertarik, Anda bisa mengunjungi website IDS Digital College untuk informasi lebih lanjut.