Fakta atau Mitos Seputar Kacamata Dan Mata Minus

0
1998
kacamata minus

Memiliki mata minus yang cukup besar mengharuskan Anda untuk terus menggunakan kacamata. Pasalnya, mata minus cukup sulit untuk dikembalikan menjadi normal kembali. Itulah kenapa, kacamata minus menjadi solusi bagi para pemilik mata minus.

Namun, ada cukup banyak mitos yang menyebar di tengah-tengah masyarakat terkait dengan jenis kacamata tersebut. Agar Anda tidak termakan mitos-mitos tersebut, yuk, intip mana fakta dan mitos terkait jenis kacamata tersebut.

kacamata minus
Kacamata minus

1.      Sering Menggunakan Kacamata Min Membuat Mata Semakin Minus

Anda mungkin sering mendengar rumor seperti ini. Banyak masyarakat yang mempercayai bahwa dengan sering menggunakan kacamata untuk mata minus, justru akan menambah minusnya.

Faktanya, menurut penelitian, tidak ada hubungan antara minus mata dengan intensitas penggunaan kacamata. Justru penggunaan kacamata inilah yang dapat membantu mengoptimalkan jarak pandangan mata minus.

2.      Mata Minus Menular Jika Kita Menggunakan Kacamata Min

Ternyata, kalau hanya sekedar mencoba kacamata min, mata Anda tidak akan langsung menjadi minus. Namun, mungkin Anda akan terasa pusing ketika menggunakannya karena mata akan berusaha untuk menyesuaikan fokus dengan sendirinya.

Nah, jika pusing ketika mencoba kacamata min, silahkan Anda lepas lagi saja. Jangan menggunakannya terlalu lama. Namun, jika sering dan terlalu lama menggunakannya, mata bisa saja berisiko menjadi minus.

3.  Mata Minus Akan Membesar Jika Membaca di Ruangan yang Kurang Cahaya

Banyak orang yang percaya bahwa mata minus bisa semakin besar jika kita membaca di ruangan yang kurang cahaya. Tetapi faktanya, membaca di ruangan yang kurang cahaya tidak bisa merusak mata kita.

Zaman dulu, di mana listrik belum ada seperti sekarang, masyarakat sering membaca dalam ruang yang kurang pencahayaan. Namun, hal tersebut tidak membuat mereka mudah menjadi minus.

4.      Mata Minus Bisa Sembuh

Sampai saat ini, belum ada yang bisa membuktikan bahwa mata minus bisa disembuhkan. Namun, ada salah satu metode yang cukup populer bernama LASIK. Metode tersebut merupakan bedah kornea untuk menghilangkan silinder dan minus pada mata.

Namun, metode tersebut, hanya bisa dilakukan pada orang dewasa pada saat perkembangan bola matanya sudah berhenti.

Namun sayangnya, LASIK hanya bisa menyembuhkan dalam rentang waktu tertentu saja. Setelah metode tersebut dilakukan, orang yang menggunakan metode ini, akan membutuhkan kacamata kembali.

5.      Membaca Terlalu Dekat Akan Membuat Mata Minus

Mitos yang satu ini juga sudah ada sejak lama. Membaca suatu objek dalam jarak yang sangat dekat, konon katanya bisa menyebabkan mata minus hingga membuat mata minus menjadi tambah parah. Benarkah itu?

Ternyata hal tersebut tidaklah benar. Membaca terlalu dekat tidak akan menambah minus pada mata Anda, maupun menyebabkan mata menjadi minus. Namun, hal ini tetap tidak boleh dilakukan, meskipun Anda menggunakan jenis kacamata minus, karena hal tersebut akan membuat mata menjadi cepat lelah.

6.      Sering Melepas Kacamata Akan Membuat Minus Bertambah

Mungkin pernah ada yang melarang Anda untuk melepas kacamata agar minus tidak bertambah. Ternyata, informasi adalah sebuah mitos semata. Minus mata seseorang tidak akan bertambah parah karena faktor melepas mata.

Salah satu faktor pertambahan minus terjadi hanya karena faktor lingkungan dan keturunan saja. Pertambahan minus umumnya terjadi pada masa pertumbuhan. Pasalnya, pada masa pertumbuhan, mata belum stabil. Jadi, jika kamu merasa lelah menggunakan kacamata, bisa melepasnya dulu.

Nah, itulah mitos-mitos seputar kacamata minus dan mata minus. Kini, Anda sudah bisa mengenal apa saja yang menjadi mitos-mitos tersebut, sehingga tidak perlu lagi takut terhadap mitos karena tidak sesuai dengan fakta dan penelitian.