Dari Jenis Bahan Bangunan yang Ada, Fungsi Semen yang Paling Vital

0
118
jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

Semua jenis bahan bangunan memiliki fungsi masing-masing begitu juga dengan semen. Bahkan semen tergolong jenis bangunan yang paling vital dan dipastikan bangunan tidak berdiri tanpa perannya. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan tentang fungsi semen terhadap bangunan.

Yang perlu dipersiapkan ketika ingin membangun hunian adalah semen dan kayu. Ini tidak hanya terkait dengan harga yang lebih mahal dibandingkan bahan lain, tetapi perannya juga vital. Oleh karena itu, silakan disimak ini fungsi semen yang dimaksud:

1. Sebagai Perekat Bahan

Semua jenis bahan bangunan tidak berfaedah tanpa adanya semen. Karena semenlah yang merekatkan bahan tersebut sehingga bisa menjadi unit bangunan yang utuh. Oleh sebab itu, membeli semen tidak boleh asal tetapi memang harus mencari yang berkualitas.

Jika semen tidak bagus, berarti daya rekat bahan juga tidak maksimal. Ini sangat riskan karena berpotensi menimbulkan keruntuhan yang membahayakan penghuni rumah. Sudah banyak korban jiwa akibat penggunaan semen yang tidak sesuai dengan standar kualitas.

jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

2. Memperkuat Fondasi Rumah

Semen merupakan jenis bahan bangunan yang diperlukan keberadaannya. Bahkan ini dimulai dari dasar atau fondasi yang jika tidak menggunakan adonan semen, fondasi pasti tidak bisa dibuat. Itu artinya semen adalah penguat bangunan dari bawah.

Sekalipun demikian semen yang dipilih harus kelas terbaik. Karena jika yang abal, dikhawatirkan semen tidak cepat kering sehingga fondasi tidak kuat menahan beban. Ini yang membuat rumah bergeser atau miring.

3. Membuat Bangunan Tahan Lama

Semen juga berfungsi untuk membuat bangunan tahan lama. Terutama di bagian tembok yang terkadang cepat mengelupas karena semennya tidak berkualitas. Jika ini yang terjadi, tentu si penghuni rumah harus mengeluarkan biaya lagi untuk perbaikan.

Solusinya ialah pakai semen yang memang bermutu. Setelah itu ramu dengan bahan yang lain menggunakan kadar ukuran yang tepat. Jika adonan terlalu muda tentu kerusakan bisa cepat terjadi.

Itulah pentingnya semen tanpa harus melupakan fungsi dari jenis bahan bangunan yang lain. Sebuah alasan mengapa Anda harus membeli semen yang berkualitas tinggi. Untuk itu silakan pilih Semen Tiga Roda saja yang mutunya tidak terbantahkan.