Cara Cerdas Pilih Kartu Kredit Terbaik

0
56
kartu kredit
kartu kredit

Semakin maraknya penggunaan transaksi non tunai juga membuat berbagai transaksi jadi lebih mudah. Ada banyak cara transaksi non tunai yang biasa digunakan. Misalnya kartu debit, kartu kredit, e-wallet, dan change card. Di antara 4 cara transaksi tersebut, penggunaan kartu kredit bisa dibilang adalah yang cukup tricky. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakan kartu kredit, yaitu:

1 Cermati Tujuan Penggunaan Kartu Kredit

Hal yang pertama, Anda perlu memahami apa tujuan Anda menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit untuk kebutuhan personal lifestyle, small business, atau pelajar dan mahasiswa tentu saja berbeda – beda. Anda bisa menyesuaikan kartu kredit yang Anda gunakan dengan tujuan penggunaan Anda. Jika Anda seorang ibu rumah tangga, Anda bisa mencoba kartu kredit Orami dari Sinarmas yang memberikan Anda banyak keuntungan. Mulai dari cicilan 0%, diskon tambahan, hingga cashback pembelian.

2 Perhatikan Biaya Kartu Kredit

Setiap kartu kredit biasanya memiliki suku bunga tahunan dan biaya lain yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda memilih jenis bungan yang sesuai dengan kondisi finansial Anda. Jangan lupa juga untuk menanyakan biaya – biaya tambahan apa saja yang perlu Anda bayar. Mulai dari biaya tahunan, biaya aplikasi, biaya denda keterlambatan, over limit, dan lain – lain. Hal ini penting untuk Anda tanyakan agar tidak menimbulkan kerepotan di kemudian hari.

3 Pelajari Syarat Dan Ketentuan Yang Berlaku

Jangan ragu juga untuk menanyakan syarat dan ketentuan yang berlaku secara detail. Misalnya berapa lama keringanan bunga yang akan Anda dapatkan, manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh, dan juga bagaimana persyaratan untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut.

4 Cari Program Reward Yang Sesuai Kebutuhan

Setiap kartu kredit biasanya memiliki program reward yang menarik. Pastikan dulu apakah program reward tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Karena akan sayang sekali jika ternyata Anda tidak dapat menggunakan program reward tersebut.

5 Pastikan Bisa Digunakan Di Banyak Tempat

Terakhir, pastikan kartu kredit Anda bisa digunakan di banyak tempat. Semakin banyak merchant, bisnis, dan perusahaan yang bisa menerima transaksi dengan kartu kredit tersebut, akan semakin baik bagi Anda. 

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit baru.