Bangun SDM Unggul dan Berkompeten Menuju Indonesia Maju

0
63
Sumber: https://static.wixstatic.com/
Sumber: https://static.wixstatic.com/

Indonesia diharapkan mampu terus bersaing dalam pergolakan ekonomi dunia. Oleh karena itu, Kadin Indonesia dan berbagai pihak terus berupaya menciptakan SDM yang unggul.

Di tengah pergolakan ekonomi dunia yang terus bersaing, Indonesia dituntut untuk tetap konsisten dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini bertujuan agar kesejahteraan rakyat dapat tetap terjamin. Untuk dapat terus bersaing, Kadin Indonesia terus berupaya untuk menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas.

Dalam memenangkan persaingan global, urgensi pembangunan sumber daya manusia memang menjadi hal yang paling utama. Bahkan, hal ini sudah selayaknya memperoleh dukungan penuh dari berbagai kalangan dan pemangku kepentingan. Nah, penguatan SDM yang unggul ini akan sangat berkorelasi erat dengan meningkatnya produktivitas kerja.

Kendala Peningkatan SDM Unggul di Indonesia

Peningkatan kualitas SDM Indonesia yang unggul memang menjadi harapan bagi setiap elemen. Harapan ini juga dibarengi dengan tingginya harapan masyarakat untuk membuat Indonesia menjadi negara yang maju. Terlebih lagi Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan sedang berada pada fase bonus demografi.

Harapan-harapan ini memang dinilai tidak berlebihan. Capaian pembangunan yang berhasil diraih oleh Indonesia belakangan ini seolah memberikan angin segar. Bahkan, sejumlah lembaga survei asing memprediksikan bahwa Indonesia akan sejajar dengan negara Amerika Serikat dan juga China pada 2030 mendatang.

Namun, untuk mencapai harapan-harapan tersebut bukanlah hal yang mudah. Berdasarkan catatan Bank Dunia menyebutkan bahwa kualitas SDM Indonesia saat ini masih berada pada urutan 87 dari 157 negara. Sementara itu, daya saing SDM Indonesia menurut Business World masih berada pada peringkat 45 dari 63 negara.

Peringkat ini tentu masih kalah dengan peringkat Singapura dan Malaysia yang berada pada urutan ke-13 dan 22. Maka dari itu, pembangunan SDM menjadi satu hal yang penting untuk terus diperhatikan, mengingat Indonesia juga sedang berada pada periode MEA. Upaya peningkatan SDM ini membutuhkan usaha yang cukup besar dan kontribusi dari berbagai pihak.

Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia

Pada masa pemerintahan Jokowi saat ini berbagai aspek yang menjadi pondasi menuju Indonesia maju telah terselesaikan dengan baik. Pembangunan infrastruktur, pemerataan pembangunan,  dan percepatan yang masih menjadi batu loncatan dalam memajukan pembangunan suatu bangsa.

Pembangunan ini tidak hanya dilihat dari pertumbuhan ekonomi saja, tetapi juga ditinjau dari segi manusianya itu sendiri. Pembangunan manusia yang masif ini menjadi modal yang besar untuk mewujudkan Indonesia yang maju, makmur, dan sejahtera. Harapannya juga Indonesia mampu menjadi sebuah negara yang menduduki posisi kelima sebagai sektor ekonomi terbesar.

Namun, kondisi ini dapat terwujud jika kita berusaha dengan sungguh-sungguh dan terus bersinergi dalam melakukan pembangunan SDM. Berbagai dukungan dari berbagai kalangan terhadap kinerja pemerintah juga perlu untuk selalu dioptimalkan dengan baik. Tak hanya itu, perbaikan sistem pendidikan juga harus terus digalakkan demi memenuhi kebutuhan industri 4.0.

Sementara itu, pelaku-pelaku usaha juga diharapkan terus dapat membuka pintu selebar-lebarnya dalam mewujudkan SDM yang unggul dan kompeten. Mereka dapat bergabung dengan Kadin Indonesia guna mendukung program yang sedang dicanangkan oleh pemerintah.

Kadin sendiri menjadi wahana dan juga wadah dalam berkomunikasi dan memberikan informasi terkait pengusaha Indonesia. Kadin juga akan memberikan konsultasi, advokasi dan juga fasilitas yang mumpuni guna mempercepat pertumbuhan SDM yang unggul dan kompeten.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Indonesia diharapkan mampu terus bersaing dalam pergolakan ekonomi dunia. Untuk dapat terus bersaing, tentu bukanlah hal yang mudah dan tanpa hambatan. Berbagai upaya pun dilakukan Kadin Indonesia dan berbagai pihak untuk terus bisa menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas.