5 Batu Permata yang Cocok untuk Cincin Tunangan Emas Asli

Cincin tunangan berbahan emas masih menjadi pilihan terfavorit banyak pasangan. Apalagi sekarang cincin tunangan emas asli semakin indah dengan tambahan batu permata. Sebenarnya, ada banyak sekali batu permata yang bisa dipasang pada cincin tunangan emas. Namun, ada 5 batu permata paling populer yang biasa dipakai untuk cincin tunangan. Apakah Anda penasaran? Simak artikel ini!

Batu Permata yang Cocok untuk Cincin Tunangan Emas Asli

Emas yang ada di pasaran terdiri dari emas putih, kuning, dan rose gold. Berikut ini adalah 5 batu permata yang biasa menemani ketiga jenis emas tersebut:

1. Diamond (Berlian)

Batu permata terbaik untuk cincin tunangan emas adalah berlian, terutama berlian putih. Karakteristik berlian yaitu sangat keras, solid, dan memiliki kualitas fisik yang indah. Bahkan, berlian memiliki tingkat kekerasan 10 Mohs. Berlian paling cocok untuk berbagai warna emas adalah berlian putih. Selain itu, ada berlian kuning, merah, hijau, biru, dan lain sebagainya namun harganya mahal.

2. Sapphire (Safir)

Sejak dijadikan sebagai batu utama untuk cincin tunangan keluarga Kerajaan Inggris, batu safir menjadi favorit banyak pasangan yang akan bertunangan maupun menikah. Safir biru adalah yang paling populer. Meskipun begitu, ada juga warna lain seperti hitam yang eksotis dan terkesan misterius. Tingkat kekerasannya yaitu 9 Mohs.

3. Ruby

Ruby juga dikenal dengan nama batu merah delima karena warnanya yang merah merona. Batu satu ini sangat cocok untuk cincin tunangan emas karena terlihat menonjol. Selain merah delima, ruby juga ada yang warnanya merah darah. Tingkat kekerasannya sama seperti safir yaitu 9 Mohs.

4. Emerald (Zamrud)

Berlian berwarna hijau merupakan batu permata yang langka. Oleh sebab itu, emerald atau zamrud bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Meskipun pada dasarnya zamrud dengan kualitas yang baik juga sangat mahal. Warna hijau dari zamrud berasal dari kelumit kromium. Warnanya hijau biasa sampai hijau tua yang tampak menarik.

5. Mutiara

Mutiara juga seringkali dipasang pada cincin tunangan emas. Warnanya yang menarik membuat cincin tunangan emas juga semakin menarik. Seiring perkembangan zaman, bentuk mutiara tidak hanya bundar saja. Namun, ada juga mutiara yang berbentuk lebih unik dan berbeda dari biasanya. 

Rekomendasi Cincin Tunangan Emas The Palace Jeweler

The Palace Jeweler adalah brand premium yang memiliki banyak koleksi cincin tunangan berbahan emas asli. Kebanyakan emasnya yaitu berukuran 18K atau dengan tingkat kemurnian 75%. Berikut rekomendasi pilihan cincin tunangan emas asli yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Cincin Ilusi

Rekomendasi pertama adalah koleksi terbaru dari brand satu ini yaitu cincin Ilusi. Ada beberapa pilihan model yang semuanya pastinya cocok dipakai sebagai cincin tunangan. Batu permata yang digunakan untuk menghiasi emas putih adalah berlian kualitas H-VS. Motif utamanya berbentuk bunga yang dihiasi berlian pada setiap kelopaknya. Lalu, ada tambahan berlian-berlian kecil pada rangka sebelah kiri maupun kanan.

2. Cincin Kekaseh

Jika mencari cincin tunangan couple, maka Anda bisa mempertimbangkan koleksi Kekaseh. Koleksi satu ini terinspirasi dari motif batik. Material emasnya lengkap mulai dari white gold, rose gold, sampai dengan yellow gold. Batu permatanya juga berlian putih yang membuat cincin semakin bersinar. Ada enam pilihan model yaitu Truntum, Parang Kusumo, Wahyu Temurun, Sido Asih, Sekar Jagad, dan Sido Mukti. 

Itulah informasi mengenai batu permata untuk cincin tunangan emas asli beserta rekomendasi cincin yang bisa Anda pilih. Sebagai brand #NationalJeweler, The Palace Jeweler masih memiliki banyak koleksi perhiasan lainnya. Anda bisa datang ke gerai terdekat untuk mendapatkan cincin sesuai selera. Cari tahu koleksi lainnya dengan mengunjungi website, Instagram, atau TikTok The Palace Jeweler!