7 Prospek Kerja Teknik Informatika yang Perlu Anda Ketahui

0
69
prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat Indonesia yang mulai melek internet lebih dari 73 persen. Masyarakat mulai menggunakan perkembangan teknologi dan informasi untuk mendukung aktivitas harian yang lebih praktis.

Tak hanya komunikasi saja, dunia digital telah memberikan perkembangan bisnis global yang terus bergerak maju. Bagi Anda yang ingin mendapatkan prospek karir cerah, sebaiknya pertimbangkan prospek kerja Teknik Informatika di IDS Digital College. 

Lulus dari Teknik Informatika, Ini Referensi Profesi dengan Gaji Tinggi

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Benarkah jurusan Teknik Informatika merupakan pilihan tepat untuk Anda yang baru lulus SMA? Tak perlu ragu memilih prodi Teknik Informatika sebab Anda memiliki prospek kerja yang menjanjikan yaitu :

  • System analyst

Anda bisa bekerja sebagai system analyst yang bertugas menangani sebuah sistem perusahaan mulai membuat analisa, membuat database anggaran, menyusun anggaran proyek, dan lain-lain. Dalam pekerjaan sehari-hari, seorang system analyst akan bekerja sama dengan tim atau programmer dalam menangani setiap proyek klien. Gaji system analyst di Indonesia bervariasi mulai 5-6 juta rupiah per bulan tergantung kebijakan perusahaan.

  • Programmer 

Anda bisa memilih prospek kerja Teknik Informatika yang banyak diminati di era digital yaitu programmer. Mau bergabung dengan perusahaan sebagai tim IT andal atau bekerja secara independen, sah-sah saja. 

Seorang programmer wajib menguasai bahasa pemrograman agar bisa menyelesaikan proyek yang ditangani perusahaan tempat bekerja. Gaji junior yang baru lulus saja bisa mendapatkan kisaran bayaran 5 juta rupiah per bulannya. 

  • Network Administrator 

Merupakan tim IT perusahaan yang bertugas untuk menjaga sistem perusahaan berjalan lancar tanpa gangguan. Network Administrator yang mendapatkan gaji kisaran 5 juta rupiah per bulan biasanya bekerja untuk membuat email server, DNS server, dan lain-lain. 

  • Desain grafis

Tak hanya bisa menjadi programmer andal yang menciptakan aplikasi terbaru dan menyelesaikan semua permasalahan IT di perusahaan tempat bekerja, Anda juga punya peluang karir sebagai desain grafis ternama. Anda bisa bekerja sebagai desain grafis freelance atau terikat dengan perusahaan untuk menangani media promosi atau marketing yang bagus. 

Anda juga punya peluang karir sebagai desainer web yang bertugas untuk menata  atau mendesain tampilan website perusahaan menjadi lebih eye catching. Tak hanya tampilan visual saja, Anda juga harus bekerja sama dengan programmer untuk memastikan bahwa website bisa lebih mudah diakses nantinya. Gaji seorang desain grafis bervariasi, tetapi rata-rata pemula bisa mendapatkan bayaran sekitar 5 juta rupiah per bulan tergantung UMR dan kebijakan perusahaan. 

  • ERP

Dilansir dari cermati.com, Anda bisa bekerja sebagai ERP atau Enterprise Resource Planning yang bertugas memberikan saran pada perusahaan agar bisa menggunakan situs resmi lebih efektif dan efisien. Seorang perencana tidak hanya memberikan jasa konsultasi berbayar saja, tetapi bisa memberikan solusi mengenai masalah sistem yang dialami oleh perusahaan terkait. Jangan heran gaji seorang ERP cukup besar yaitu 8-10 juta rupiah per bulan, lho! Fantastis dan menjanjikan kehidupan yang lebih baik, ‘kan? 

Berdasarkan beberapa informasi mengenai prospek kerja Teknik Informatika di atas, apakah Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan Teknik Informatika setelah lulus SMA? Anda punya kesempatan mendapatkan karir yang cemerlang dengan gaji yang menarik setelah menyelesaikan pendidikan Teknik Informatika. Segera daftarkan diri Anda menjadi salah satu mahasiswa yang terdaftar aktif di IDS Digital College yang menjamin masa depan lulusan lebih cerah. Yakin tidak ingin bersaing di dunia digital dengan keterampilan yang mumpuni?