7 Fakta Menarik Tentang Cincin Berlian

0
84
Cincin Berlian

Cincin merupakan salah satu perhiasan utama yang paling disukai oleh wanita. Bahkan banyak wanita yang membeli cincin terlebih dahulu sebelum membeli perhiasan lainnya. Dari banyaknya jenis cincin yang ada, cincin berlian adalah cincin yang paling disukai oleh para wanita. Hal tersebut tidak mengherankan karena berlian mampu membuat cincin tampak lebih indah dan menawan.

Namun di balik keindahan berlian tersebut, ada banyak fakta menarik yang tersimpan. Anda yang mengetahuinya mungkin akan semakin jatuh cincin dengan cincin dari berlian. Penasaran dengan fakta-faktanya? Langsung saja berikut di antaranya:

Berlian Sangat Kuat Sehingga Tidak Bisa Pecah atau Hancur

Cincin Berlian
Cincin Berlian

Berlian merupakan batu yang tercipta jutaan hingga puluhan milyar tahun yang lalu di dasar bumi. Oleh sebab itu tidak heran apabila batu ini menjadi batu paling keras di bumi. Saking keras dan kuatnya, berlian asli tidak akan mungkin bisa pecah dan hancur. Meskipun digosok dengan benda tajam, berlian asli tidak akan bisa tergores. Namun Anda tetap harus merawatnya agar perhiasan terjaga keindahannya.

Berlian Terbentuk dari Panas yang Tinggi

Mungkin banyak diantara Anda yang penasaran mengapa berlian bisa terbentuk di inti bumi. Berlian sendiri ternyata terbentuk akibat karbon dari gunung berapi yang bersuhu tinggi. Lewat letusan vulkanik, batuan ini kemudian terbawa ke permukaan bumi. Proses naiknya berlian terjadi sangat lama, bahkan hingga milyaran tahun. Oleh sebab itu, berlian menjadi batu yang sangat berharga.

Batu Paling Mahal di Dunia

Berlian termasuk ke dalam salah satu batu termahal di bumi. Beberapa batu termahal lainnya yaitu alexandrite dan zamrud. Karena menjadi salah satu batu paling mahal, tidak heran apabila harga cincin berlian pria juga terbilang cukup mahal. Bahkan ada batu berlian dengan harga ratusan milyar. Menakjubkan bukan?

Tidak Ada Berlian yang Sama

Berlian asli tidak pernah ada yang menyamai. Jadi Anda tidak bisa menemukan dua berlian yang sama persis di manapun. Pembentukan berlian terjadi dalam waktu yang berbeda-beda. Hal tersebut kemudian yang membuat setiap berlian memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, kedalaman berlian di dasar bumi juga membuat karakteristiknya bisa berbeda.

Warna Mempengaruhi Harga

Perlu Anda ketahui bahwa berlian yang biasanya digunakan pada cincin memiliki warna yang beragam. Selain bening atau transparan seperti yang kebanyakan kita tahu, ada warna-warna berlian lainnya. Jadi cincin dengan warna berlian selain transparan belum tentu palsu. Bahkan harga cincin dengan berlian berwarna lebih tinggi karena langka.

Pemotongan Berlian Menghilangkan Setengah dari Beratnya

Bentuk berlian asli yang belum diolah biasanya sangat berantakan atau tidak beraturan. Proses pemotongan dan pemolesan perlu dilakukan agar berlian tampak semakin indah saat disematkan pada cincin Anda. Hal unik dari pemrosesan berlian tersebut yaitu beratnya yang hilang hingga 50%. Jadi berlian mentah sebesar 4 karat akan menjadi 2 karat setelah dipotong dan dipoles.

Memiliki Nilai yang Stabil

Banyak orang suka mengoleksi cincin dari berlian lantaran indah dan prestigious. Di samping itu, nilai berlian juga stabil dibandingkan dengan perhiasan lainnya. Jadi tidak hanya sebagai perhiasan saja, Anda juga bisa menjadikan cincin dari berlian sebagai investasi.

Itulah berbagai fakta menarik seputar cincin dari berlian yang harus Anda ketahui. Mondial Jeweler menghadirkan beragam cincin dengan desain unik dan menarik untuk Anda. Bukan hanya untuk wanita saja, Mondial Jeweler juga menghadirkan cincin berlian pria. Ada cincin yang menggunakan platinum sehingga bisa membuat pria lebih percaya diri saat mengenakannya. Lihat koleksi cincin dari Mondial Jeweler selengkapnya di mondialjeweler.com.