6 Manfaat Membiasakan Anak Gemar Membaca Sedari Kecil

0
144
supaya anak pintar
supaya anak pintar

Untuk memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan dengan baik, Pap dan Mam harus memastikan asupan nutrisi dan gizinya seimbang. Namun, jika menginginkan supaya anak pintar, salah satu yang bisa diterapkan adalah dengan mengajak anak membaca buku sejak usia dini.

Menurut sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Child Trends, membacakan buku pada anak masih kecil, akan dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa. Selain itu, dapat memperbanyak kosa kata, juga mengasah perkembangan konseptual dan kognitif anak.

Membaca Buku Dapat Meningkatkan Perkembangan Otak Supaya Anak Pintar

supaya anak pintar
supaya anak pintar

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh anak dalam membaca buku. Selain supaya anak pintar, berikut beberapa manfaat lainnya:

Menambah kosakata 

Saat membaca, anak akan menambah perbendaharaan kata-katanya. Ini akan sangat membantu anak dalam memahami berbagai kata-kata yang ada di sekitarnya. Selain itu, ini adalah cara paling efektif yang bisa dilakukan oleh Pap dan Mam untuk merangsang otak.

Meningkatnya keterampilan komunikasi

Saat perbendaharaan anak semakin banyak, ini akan memudahkannya dalam berkomunikasi. SI kecil akan dapat mengungkapkan perasaan dan keinginannya dengan mudah. Juga, dapat meningkatkan rasa percaya diri si kecil.

Mengenal konsep kehidupan baru

Buku selalu memiliki cerita berbeda-beda setiap isinya. Ini akan membuat Pap dan Mam memperkenalkan konsep hidup yang beraneka ragam pada si kecil.

Melatih berpikir logis

Saat Pap dan Mam membacakan buku pada si kecil, ini akan membuatnya untuk berpikir mengenai sebab akibat. Sehingga, dia akan lebih mendahulukan kelogisan dalam berpikir. 

Selain itu, anak juga akan dapat memahami mengenai konsekuensi atas suatu tindakan yang diambil atas dasar salah dan benar.

Menguatkan konsentrasi

Pada saat Pap atau Mam membacakan sebuah buku pada si kecil, hingga  cerita selesai akan membutuhkan rentang waktu yang lama. Hal ini akan membantunya fokus pada cerita, membuatnya tetap tenang dan mendengarkan segala kisah yang disampaikan.

Mengembangkan imajinasi

Membaca dapat membangkitkan imajinasi anak karena mendengar berbagai kisah. Selain itu, sebuah kisah dapat membangkitkan rasa ingin tahu anak. Sehingga otaknya semakin kreatif dan berimajinasi.

Ada banyak manfaat yang dirasakan oleh anak ketika membiasakan membaca buku sedari kecil. Terutama untuk perkembangan otaknya. Dengan membaca, akan membuat supaya anak pintar dan mempertajam cara berpikir.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.