6 Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Emas di Pasaran

0
57
Harga Cincin Emas
Harga Cincin Emas

Saat ingin menikah tentunya budget adalah hal utama dan paling penting untuk disiapkan. Ada banyak anggaran yang perlu Anda siapkan untuk menikah, salah satunya adalah cincin nikah. Sebelum menentukan anggaran yang perlu Anda siapkan, tentunya Anda harus tau dulu berapa harga cincin emas di pasaran. 

Dari waktu ke waktu harga emas selalu mengalami perubahan, begitupun dengan harga cincin yang berbahan emas. Tentunya ini juga akan mengakibatkan harga cincin nikah juga akan selalu berubah – ubah. 

Umumnya, harga sebuah cincin emas dimulai dari harga Rp.600 ribuan hingga puluhan juta. Hal tersebut bisa terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga cincin diantaranya adalah modelnya, kandungan karat, kadar emas, berat cincin, dan bahan cincin. Berikut adalah penjelasan lebih lanjutnya. 

1. Model 

Seiring dengan berjalannya waktu, trend model cincin juga mengalami perkembangan dan perubahan. Biasanya cincin yang memiliki banyak aksen akan memiliki harga yang lebih mahal daripada yang hanya memiliki sedikit aksen atau polos. 

Semakin banyak dan indah aksennya, maka semakin banyak sulit juga untuk membuatnya. Hal ini tentu juga akan berdampak ke harga jualnya.

Harga Cincin Emas

2. Kandungan Karat 

Satuan kandungan emas di dalam cincin disebut juga dengan karat. Cincin yang beredar di pasaran tentunya memiliki beragam varian karat, biasanya mulai dari 18 karat sampai 24 karat. Semakin tinggi jumlah karat, tentu akan semakin tinggi juga harganya. 

24 karat adalah kandungan karat yang ada di emas murni itulah mengapa harganya bisa jadi sangat mahal. Untuk membuat cincin dari emas 24 karat diperlukan keahlian khusus dan hati – hati, karena pada dasarnya, emas itu lunak dan sangat mudah untuk tergores. 

3. Kadar Emas 

Dalam satu lingkaran cincin yang utuh, tidak semuanya terbuat dari emas. Umumnya, kandungan emas yang ada di dalam sebuah cincin adalah 70% hingga 99% dan sisanya bukan dari emas. Semakin tinggi jumlah kandungan emasnya, maka akan semakin tinggi juga harganya. Namun, cincin kawin umumnya memiliki kadar sebesar 70%. M

4. Berat Cincin 

Semakin berat cincin yang Anda beli, maka akan semakin berat juga harganya alias semakin mahal. Berat cincin untuk nikah biasanya berkisar antara 3 sampai 8 gram. 

Namun, jika Anda memiliki anggaran lebih dan bisa membeli cincin dengan berat 8 gram sebaiknya Anda pertimbangkan dulu matang – matang, karena cincin yang terlalu berat belum tentu nyaman untuk digunakan dan bisa saja malah mengganggu aktivitas Anda. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa membeli cincin yang beratnya sedang saja atau ringan antara 3 gram sampai 5 gram. 

Namun, jika Anda tidak memiliki masalah dengan cincin yang berat, Anda bisa mengambil yang 6 – 8 gram. 

5. Bahan Pembuatan 

Ada beberapa bahan yang dipakai untuk pembuatan cincin nikah diantaranya adalah emas kuning, emas putih, palladium, platinum dan rose gold. Perbedaan dari setiap bahan tersebut tentunya menghasilkan harga yang berbeda – beda juga. 

6. Brand/Merk 

Ada bergam brand/merek  cincin yang beredar di pasaran. Biasanya brand/merek cincin yang terkenal memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada brand/merek cincin yang biasa – biasa saja. 

Cincin dengan brand/merk yang terkenal bisanya memiliki kualitas yang lebih bagus dan tidak gampang rusak. Selain itu, brand/merk terkenal ini bisa juga menaikan status sosial masyarakat yang memakainya. 

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi harga cincin emas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian yang sedang mencari informasi terkait faktor – faktor yang mempengaruhi harga cincin emas.