5 tips menjalankan bisnis laundry kiloan

0
24

Masih bingung mencari peluang berbisnis, yang tidak menuntut banyak skill dan ramah untuk pemula maka bisnis laundry adalah pilihannya. Skala bisnis ini bisa dijalankan mulai level rumahan sehingga relatif mudah direalisasikan. 

Apalagi jika Anda tinggal di kota-kota besar yang terkenal dengan mobilitas tinggi dan aktivitas yang cukup sibuk sehari-harinya.

Layanan mencuci dan menyetrika pakaian kini menjadi pilihan sebagian besar untuk memastikan mereka tetap memiliki pakaian bersih setiap harinya. 

Jika Anda sudah yakin dan memilih untuk memulai bisnis laundry dengan brand sendiri, ada beberapa tips bisnis laundry kiloan yang dapat Anda coba di bawah ini. 

1. Siapkan layanan antar jemput

Siapka pilihan layanan untuk antar jemput pakaian milik para pelanggan. Hal Ini bisa Anda lakukan via pemesanan online, yakni cukup menghubungi via Whatsapp. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membebaskan ongkos antar jemput untuk cakupan area tertentu dalam radius yang Anda pikir masih memungkinkan.

2. Hitung dan siapkan modal usaha

pastikan Anda benar-benar sudah menghitung dengan teliti dan rinci terkait kebutuhan modal usaha. Sehingga, Anda bisa melakukan operasional usaha dengan lebih efektif.

3. Pilih lokasi strategis

Pilihlah lokasi tempat bisnis laundry yang strategis, jika lokasi Anda terlalu jauh dari lokasi strategis, bisa jadi biaya antar jemput usaha laundry akan membengkak dan membebani operasional bisnis laundry yang Anda lakukan.

4. Patok harga yang sesuai

Periksa terlebih dahulu patokan harga yang  diberikan oleh layanan usaha laundry lainnya di area Anda. Sehingga, harga yang akan Anda patok untuk usaha laundry ini tidak akan terkesan terlalu mahal nantinya.

5. Terapkan operasional mencuci efektif

Pastikan Anda sudah memahami teknik operasional mencuci yang efektif, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan sehari-harinya.