5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Software Performance Management

0
213

Manajemen data yang terpusat mengenai pengelolaan karyawan menjadi hal yang penting dalam setiap pengelolaan karyawan. Dalam hal ini, Software Performance Management dapat membantu HRD mengelola kinerja karyawan.

Penggunaan cara konvensional sendiri sangat tidak praktis dan efisien.  HRD perlu menyederhanakan proses penilaian kinerja dan penetapan tujuan jauh lebih cepat. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari software performance management:

Efisiensi Kinerja HRD

Software performance management membantu HRD dengan manajemen file digital dan database yang dapat terhubung dengan internet. Dengan begitu teknologi ini dapat mengumpulkan data secara terpusat. Sehingga kinerja HRD pun jauh lebih efektif dan efisien. Dapat dikatakan jika software performance management dapat membantu meringankan beban kerja HRD. Jadi, HRD bisa lebih fokus untuk menganalisis kinerja karyawan yang ada dalam perusahaan.

Memotivasi Karyawan

Setelah menganalisis data dan informasi mengenai kinerja, HRD dapat memotivasi karyawan dengan memberikan feedback untuk peningkatan kinerja. Karyawan pada akhirnya dapat merasa termotivasi untuk berbuat lebih baik. Software performance management dapat membantu memastikan umpan balik atau feedback diberikan kepada karyawan secara real time serta lebih terperinci dan konsisten.

Baca Juga: Persaingan Rekrutmen Ketat! Lakukan 6 Hal ini Untuk Mendapatkan Karyawan Terbaik

Membantu Menggali Potensi

Tidak ada karyawan yang sama atau persis serupa.  Beberapa karyawan mempunyai potensi yang belum tergali.  Dengan dapat memeriksa data kinerja tiap individu, HRD dapat dengan cepat menemukan potensi karyawan dan menempatkan mereka pada posisi yang sesuai dengan potensi. Sehingga  karyawan dapat menghasilkan hasil yang lebih positif.

Landasan Reward Karyawan

Saat ingin memberi penghargaan atau reward kepada karyawan, HRD harus mencari tahu bagaimana perkembangan kinerja karyawan dengan terperinci. Semua perkembangan kinerja karyawan tersimpan dalam software performance management. Dengan begitu pemberian reward pun menjadi tepat sasaran.

Mengidentifikasi Masalah Kinerja

HRD dapat mengidentifikasi masalah pada kinerja jika tiba-tiba seorang karyawan atau tim yang biasanya bekerja dengan baik, justru mengalami penurunan kinerja.  Penting HRD untuk dengan cepat menemukan masalah kinerja sebelum keadaan memburuk. Masalah kinerja yang tak teratasi akan mempengaruhi hal lain dalam perusahan. Maka, sebelum mempengaruhi yang lain, HRD harus menidenfisikasinya lebih dini dan menyiasatinya semaksimal mungkin.

Mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan karyawan adalah bagian penting dalam menjalankan pengelolaan karyawan. Dengan menggunakan software performance management,  perusahaan dan HRD dapat menunjukkan poin data utama untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kekuatan dan kelemahan karyawan. Jika digunakan dengan benar, software performance management dapat menambah banyak nilai untuk bisnis.

LinovHR menyediakan software performance management  yang dapat membantu perusahaan dan HRD mengelola kinerja karyawan dengan efektif dan efisien. Dapatkan demo gratis dari LinovHR dengan klik link berikut ini!