3 Jenis Pinjaman Syariah yang Perlu Anda Ketahui

0
20
Pinjaman syariah
Pinjaman syariah

Pada umumnya pinjaman berbasis syariah hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, layaknya pinjaman konvensional. Akan tetapi, pinjaman syariah tidak menerapkan bunga yang dianggap riba. Jenisnya sendiri sama seperti pinjaman konvensional yaitu seperti KPR, modal usaha, kendaraan bermotor, dan lainnya. Sedangkan metode pembiayaannya ada 3 jenis yaitu sebagai berikut:

Sistem Bagi Hasil

Metode pembiayaan yang paling sering digunakan oleh bank adalah metode bagi hasil. Pada metode ini bank dan pihak nasabah akan sama-sama mengeluarkan modal. Namun modal dari bank pada umumnya lebih besar. Beberapa bank terkadang juga mengeluarkan modal 100%. Hal ini tergantung kebijakan masing-masing bank dan jenis pinjaman yang dipilih nasabah.

Sistem bagi hasil ditetapkan berdasarkan akad yang dilakukan di awal perjanjian. Sebenarnya ada cukup banyak metode akad yang bisa digunakan. Namun kebanyakan bank menggunakan akad al musyarakah, mudharabah, atau al muzara’ah.

Pinjaman syariah

Prinsip Sewa

Jenis pinjaman syariah selanjutnya yaitu menggunakan prinsip sewa. Jika bank menggunakan prinsip ini, maka akad yang biasanya digunakan adalah muntahiyah bit tamlik dan al ijarah. Ijarah memiliki pengertian yaitu perjanjian sewa dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan muntahiya merupakan akad sewa menyewa yang akhirnya ada perpindahan hak milik. Beberapa bank juga menerapkan akad gabungan dari keduanya yaitu ijarah muntahiya bit tamlik atau IMBT.

Prinsip Jasa Pelayanan

Jenis terakhir yang bisa Anda pilih adalah prinsip jasa pelayanan. Masih cukup jarang bank yang menggunakan prinsip jasa pelayanan. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengenalnya untuk menentukan jenis yang cocok.

Biasanya, prinsip ini menggunakan jenis akad al wakalah. Al wakalah adalah perjanjian perwakilan dari dua bela pihak. Biasanya ada Letter of Credit atau L/C yang digunakan ketika menyetorkan dana dari nasabah ke pihak lain.

Itulah jenis pinjaman syariah yang perlu Anda ketahui. Apabila membutuhkan pinjaman dana tanpa agunan, Anda bisa memilih produk dari Bank Danamon. Anda bisa menggunakannya untuk segala kebutuhan baik itu KPR, kredit kendaraan bermotor, modal usaha, dan lain sebagainya. Ketahui syarat dan ketentuan mengenai produk pembiayaan Bank Danamon tersebut di website danamon.co.id.