Unsur Gizi Penting Dalam Menu Makanan Bayi 6 Bulan

0
56
makanan bayi 6 bulan

Kebutuhan nutrisi dan gizi bayi usia 6 bulan ke atas tidak bisa dipenuhi hanya dengan ASI saja. Jadi Bunda harus memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI untuk membantu memenuhinya. Ketika ingin memberikan MPASI pada si Kecil, Bunda nantinya akan mengenal istilah menu 4 bintang. Maksudnya yaitu menu pendamping ASI yang memiliki 4 unsur nutrisi dan gizi penting bagi si Kecil. Apa saja 4 nutrisi penting pada menu makanan bayi 6 bulan ? Berikut diantaranya:

  • Karbohidrat
makanan bayi 6 bulan
Makanan bayi 6 bulan

Karbohidrat mengandung glukosa yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi si Kecil sehingga mereka bisa tumbuh dengan aktif. Beberapa sumber karbohidrat bisa didapatkan melalui makanan seperti beras putih, beras merah, jagung manis, oatmeal, dan kentang.

  • Protein Hewani

Unsur gizi selanjutnya yang ada pada menu makanan bayi 6 bulan adalah protein hewani. Unsur gizi ini memiliki peran dalam pembentukan otak dan sebagai sumber energi. Bunda bisa memberikan telur, salmon, daging ayam, dan daging sapi sebagai sumber protein hewani.

  • Protein Nabati

Protein nabati memiliki kandungan serat tinggi yang bisa membantu memperlancar pencernaan si Kecil. Bahan makanan yang menjadi sumber protein nabati adalah kacang merah, kacang hijau, tahu, dan kacang polong.

  • Sayur

Sayur adalah bahan makanan yang kaya akan mineral dan vitamin. Banyak nutrisi yang bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sayur ini. Berikan sayur seperti labu, bayam, wortel, dan brokoli untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Itulah 4 unsur gizi penting yang ada pada menu makanan bayi 6 bulan sehingga sangat baik untuk si Kecil. Bunda bisa memberikan variasi makanan pada si Kecil agar mereka tidak bosan mengonsumsi menu 4 bintang yang sama. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan Nestle CERELAC Bubur Sereal atau Bubur Sereal Susu sebagai MPASI. 

Nestle CERELAC Bubur Sereal dan Bubur Sereal Susu menjadi pilihan terbaik karena memiliki banyak kandungan penting seperti omega 3, omega 6, vitamin, zat besi, dan mineral lainnya. Produk ini juga dibuat dari bahan alam yang dikeringkan sehingga terjamin kesehatannya. Lebih lengkap mengenai Nestle CERELAC Bubur Sereal dan Bubur Sereal Susu bisa dilihat di nestle.co.id.