Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Financial Consultant

0
53

Tidak semua orang bisa mengatur keuangannya sendiri. Entah itu keuangan kantor, keuangan rumah tangga, hingga untuk kebutuhan-kebutuhan investasi. Itulah kenapa, sebagian orang memercayakannya kepada financial consultant atau konsultan keuangan. Mereka akan membantu memberikan solusi keuangan yang tepat dan terarah.

Seorang financial consultant, dikenal juga dengan sebutan financial planner. Tugas utama mereka adalah membantu kliennya mencapai tujuan keuangan yang sudah ditetapkan oleh para klien.

Apa Itu Konsultan Keuangan?

Pertama-tama, mari kita bedah lebih mendalam terkait apa itu financial consultant atau financial planner. Karena saat ini jasa mereka tengah ramai diperbincangkan di negara kita.

Financial consultant biasanya merupakan sebuah perusahaan atau lembaga, atau ada juga yang perorangan. Seorang konsultan keuangan harus memenuhi syarat untuk bisa membantu individu maupun suatu perusahaan dalam memenuhi tujuan jangka panjang keuangan mereka.

Sumber lain mengatakan bahwa konsultan keuangan juga merupakan sebuah perusahaan atau seseorang yang fokus dalam membangun keuangan dan membantu kliennya mencapai tujuan akhir.

Secara garis besar, seorang financial consultant adalah orang yang ahli mengatur finansial. Mereka bisa membantu memecahkan masalah finansial baik perusahaan maupun perorangan. Juga bisa menyusun strategi keuangan yang tepat untuk membantu para kliennya.

Peran Seorang Konsultan Keuangan

Seorang konsultan keuangan memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting. Adapun peran-perannya yaitu seperti:

1.  Membuat dan Menyusun Perencanaan Keuangan

Tugas pertama dari seorang konsultan keuangan adalah melakukan perencanaan keuangan. Mereka bertanggung jawab terhadap penyusunan rencana keuangan kliennya. Namun, penyusunan keuangan yang mereka lakukan harus sesuai dengan tujuan dari klien tersebut.

Sederhananya, seorang financial planner menjadi jembatan posisi keuangan klien saat ini, dengan tujuan finansial yang ingin dicapai oleh klien tersebut.

2.  Membantu Menjalankan Rencana

Seorang financial consultant tidak hanya memberi saran saja. Mereka juga harus membantu menjalankan perencanaan keuangan klien agar cepat mencapai target dan tujuan finansial yang diinginkannya.

Seorang financial planner juga akan membantu banyak hal yang berkaitan dengan rencana-rencana keuangan. Contohnya seperti apa saat membuka rekening, mengelola aset, dan masih banyak lainnya.

3.  Menyampaikan Rencana Pada Klien

Setelah menyusun rencana, mereka akan menyampaikan semua rencananya pada klien. Pada tahap ini penyampaian rencana tidak dilakukan secara satu arah. Penyampaian akan dilakukan secara dua arah. Artinya, seorang konsultan keuangan juga akan meminta pendapat dan kesediaan klien.

Dengan begitu, jika klien merasa ada kekurangan dengan rencana yang disampaikan oleh konsultan, maka bisa melakukan revisi. Kemudian, konsultan keuangan akan mengubah rencana yang sesuai dengan kebutuhan klien, tanpa menghilangkan esensinya.

4.  Melakukan Evaluasi Keuangan Klien

Seorang konsultan keuangan juga akan melakukan evaluasi secara mendalam terkait keuangan klien. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk permasalahan yang tengah mereka hadapi.

Evaluasi yang dilakukan meliputi aset, pendapatan, tabungan, pengeluaran, dan juga berbagai aspek-aspek keuangan lainnya. Setelah proses evaluasi selesai, maka konsultan bisa memahami apa saja yang selama ini belum dijalankan secara optimal oleh klien.

5.  Mengawasi Jalannya Rencana Keuangan

Pada saat rencana keuangan sudah mulai dijalankan, maka seorang financial planner tidak akan lepas tangan begitu saja. Mereka akan terus mengawasi jalannya rencana keuangan yang sudah disusun dan diaplikasikan.

Jika suatu saat terjadi hambatan yang dialami oleh kliennya, maka mereka juga akan membantu mengatasi permasalahan tersebut.Itulah peranan dari seorang financial consultant yang jarang diketahui. Anda sedang membutuhkan jasa seorang konsultan keuangan? Kini Anda bisa langsung mengunjungi situs https://fastwork.id/photoshop. Di Fastwork, Anda bisa menyewa jasa konsultan keuangan profesional.