Tips Mengatasi Anak Susah Makan

0
60
Mengatasi Anak Susah Makan
Mengatasi Anak Susah Makan

Bagi bunda yang memiliki anak berusia kurang lebih 2 tahun, maka bersiaplah jika si kecil hanya menyantap makanan yang dikenalnya saja. Atau, jika minggu ini si kecil makan banyak maka minggu depannya malah nafsu makannya jauh berkurang. Meski demikian, bunda tak perlu khawatir karena hal ini berlaku normal pada hampir semua anak. Untuk itu, terus mengenalkan anak pada makanan yang belum pernah diketahui sebelumnya adalah solusi yang tepat. Mengingat di usia ini mereka sedang belajar mengenal dan merasakan aneka jenis makanan.

Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah bagaimana mengatasi anak susah makan yang justru sudah lewat usia 2 tahun. Tak usah khawatir, karena di artikel ini akan dibahas beberapa hal atau tips mudah untuk bunda lakukan seperti :

Mengatasi Anak Susah Makan
Mengatasi Anak Susah Makan

source: https://www.sahabatnestle.co.id/uploads/media/article/0001/05/thumb_4733_article_image_723x480.jpeg

Mengatur jadwal untuk makan bersama

Ada banyak manfaat yang diberikan jika bunda mengajak si kecil untuk makan bersama dengan anggota keluarga. Selain membentuk karakter, kedisiplinan dan etika maka si kecil akan melihat langsung bagaimana orang tuanya menyantap makanan yang dihidangkan dengan lahap. Di momen ini jugalah bunda bisa mengenalkan aneka jenis makanan baru serta tidak memaksa jika si kecil masih belum bisa menerimanya.

Mengatur waktu makan secara teratur

Mendisiplinkan anak untuk makan secara teratur adalah salah satu cara mengatasi anak susah makan dengan mudah. Setidaknya, bunda harus menyiapkan makanan sebanyak 3 kali makan utama dan 2 kali makanan selingan. Cara ini juga bisa membuat bunda mengajarkan tentang rutinitas kepada anak.

Melibatkan si kecil dalam proses memasak

Jika si kecil sudah besar, maka bunda bisa mengajaknya untuk belanja dan mengolahnya secara bersama. Bahkan, berikan ia pilihan untuk menentukan menu mana yang disukai  dan ingin dimasaknya. Dengan demikian, perkembangan positif akan timbul dan tentu saja mengubah perilaku anak yang bermanfaat bagi masa depannya. Di momen inilah juga bunda bisa mengenalkan aneka menu atau jenis makanan lainnya agar ia tertarik untuk mencobanya.

Demikianlah tips tentang bagaimana cara mengatasi anak yang sulit untuk makan. Bila kesulitan ini terus berlanjut maka ada baiknya bunda segera melakukan konsultasi ke dokter gizi guna mendapatkan penanganan yang intensif.