Tips Kreatif Di Era Industri Kreatif

0
48
pengembangan industri di indonesia
pengembangan industri di indonesia

Saat ini pengembangan industri di Indonesia melalui industri kreatif semakin digalakkan oleh pemerintah setiap tahunnya. Salah satu kontribusi yang dilakukan pemerintah dalam memfasilitasi para industri kreatif adalah dengan membangun Co-Working space, seperti yang dilakukan Walikota Surabaya, Tri Risma Harini. Coworking space menjadi wadah bagi anak muda untuk menyalurkan dan mewujudkan gagasan-gagasan kreatif mereka, baik berupa produk maupun jasa. 

Bagi para anak muda yang telah merasakan bekerja di industri kreatif, sebagian besar menganggap bahwa industri kreatif menjadi tempat yang tepat untuk mereka berkembang sekaligus mengasah kemampuan masing-masing.  Semangat yang dimiliki kalangan mudah ini sangat berpengaruh terhadap pengembangan industri di Indonesia.

pengembangan industri di indonesia

Eits, jika kamu ingin bekerja juga di industri kreatif, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar menjadi pemuda kreatif di era industri kreatif. Check this out!

  • Temukan Passion dan Segera Memulai

Tidak semua industri kreatif memberikan fee yang besar bagi para pekerjanya, karena banyak diantaranya juga masih berkembang. Dibutuhkan mental yang kuat agar kamu siap menghadapi kenyataan ketika industri kreatif yang kamu incar justru tidak memberikan jumlah fee seperti yang kamu inginkan. 

Maka langkah awal untuk bisa bekerja di industri kreatif adalah menemukan passion dan segera memulai. Dengan menggali potensi diri, kamu bisa menemukan passion dan berfokus terhadap posisi yang ingin kamu apply di industri kreatif. Jadi ketika berada pada lingkungan industri kreatif yang tidak sesuai dengan ekspektasi, kamu tetap konsisten dan mencintai apa yang kamu kerjakan. 

  • Tantang Diri Sendiri 

Setelah menemukan passion, jangan berpuas hati terlebih dahulu. Tips selanjutnya untuk menjadi anak muda yang kreatif adalah dengan terus membiasakan diri menghadapi tantangan yang berkaitan dengan passion masing-masing. Seperti mengerjakan proyek-proyek freelance, mengikuti lomba, atau hal-hal yang berkaitan dengan keahlianmu.  

  • Saling Berbagi Ilmu dengan Orang Lain 

Bersosialisasi memiliki pengaruh besar dalam  membuatmu menjadi anak muda yang kreatif. Dengan sering bertemu sekaligus berbagi ilmu dengan orang lain, maka semakin banyak pengetahuan atau hal baru yang bisa kamu temukan dan pelajari. 

Demikianlah 3 tips yang bisa dilakukan untuk pemuda sebagai upaya mendukung pengembangan industri di Indonesia.