Tips Aman Transfer Lewat M Banking

0
49
cara transfer lewat m banking

M-banking atau mobile banking menjadi layanan perbankan yang wajib dimiliki oleh semua nasabah. Pasalnya layanan ini menghadirkan kepraktisan ketika akan melakukan transaksi perbankan termasuk dengan transfer dana. Cara transfer lewat m banking memang dinilai sangat mudah sehingga disukai oleh banyak orang. Namun meskipun begitu, Anda harus memperhatikan keamanan ketika akan melakukan transaksi. Berikut ini adalah tips yang bisa diikuti:

Pastikan Mengunduh Aplikasi Resmi

Sebelum melakukan transaksi transfer dana, Anda harus memastikan bahwa aplikasi yang diunduh adalah aplikasi resmi. Hal ini bertujuan untuk menghindari aplikasi palsu yang bisa merugikan Anda. Pasalnya melalui aplikasi palsu tersebut, data bank bisa didapatkan sehingga rawan penipuan melalui dunia maya.

cara transfer lewat m banking
cara transfer lewat m banking

Aplikasi m-banking pada umumnya bisa didapatkan melalui akun resmi bank yang ada di App Store maupun Google Play Store. Hindari mengunduh aplikasi pada link-link yang tidak jelas karena bisa sangat merugikan.

Gunakan Jaringan Internet yang Aman

Tips kedua ini terkadang tidak disadari oleh banyak orang yang akan melakukan transaksi transfer. Mereka biasanya kurang memperhatikan dari mana asal jaringan internet yang didapatkan. Padahal sebenarnya hal ini sangat penting sekali untuk meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan m-banking. 

Anda wajib menggunakan jaringan internet yang aman agar data tidak mudah dicuri oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Jangan menggunakan Wi-Fi bersifat publik yang bisa Anda dapatkan di kantor, café, atau pun tempat lainnya. Sebaliknya, carilah jaringan nirkabel yang memiliki bentuk keamanan yang terjamin. Dengan begitu, data rahasia yang sangat penting akan aman.

Jaga Kerahasiaan Kode Akses

Tips terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kerahasiaan kode akses baik itu PIN, password, maupun pengaman validasi transaksi. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda sudah log out akun m-banking setelah melakukan transaksi.

Itulah berbagai tips yang bisa diikuti jika Anda ingin transfer dana melalui m-banking. Bank Danamon juga memiliki layanan m-banking yang bisa digunakan dengan mudah oleh para nasabahnya. Layanan m-banking dari bank ini dinamakan D-Bank. Cara transfer lewat m banking dari Danamon ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa mengetahui informasi lebih lengkap mengenai D-Bank melalui website resmi Bank Danamon di danamon.co.id.