Stimulasi Untuk Pertumbuhan Gigi Anak

0
19
pertumbuhan gigi anak
pertumbuhan gigi anak

Fase pertumbuhan dan perkembangan memiliki karakteristiknya masing-masing. Tetapi tetap saja keduanya saling berhubungan dan harus didukung dengan penuh perhatian oleh orang tua. Hal ini dikarenakan dukungan dan perhatian sejak dini harus terus diupayakan dengan baik agar pertumbuhan dan perkembangan bagi Si Kecil menjadi lebih optimal

Pertumbuhan ditandai dengan adanya perubahan dari fisik sedangkan perkembangan merupakan kemampuan dalam menjalankan berbagai macam fungsi tubuhnya. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pertumbuhan gigi anak. Gigi merupakan salah satu yang harus diperhatikan dengan baik bahkan sejak kecil.

pertumbuhan gigi anak
pertumbuhan gigi anak

Pertumbuhan gigi harus distimulasi untuk merangsang pertumbuhannya agar semakin baik dan cepat. Maka dari itu perhatian dari Bunda adalah hal yang utama. Simak mengenai informasi stimulasi dalam pertumbuhan gigi anak berikut ini.

Perhatikan asupan nutrisi

Kesehatan gigi dapat terus dijaga baik dari luar maupun dari dalam. Untuk kesehatan dari dalam tentunya yang berpengaruh adalah asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memperhatikan asupan nutrisinya.

Sebagai contoh, kandungan vitamin D yang terdapat pada ikan dapat menjadi salah satu sumber yang baik untuk pertumbuhan gigi. Selain itu dapat juga memberikan berbagai macam jenis buah-buahan dan kacang-kacangan karena baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi.

Waktu pertumbuhan gigi

Kenali fase pertumbuhan gigi pada Si Kecil untuk menyesuaikan mengenai apa yang perlu diberikan kepadanya. Ketika pada fase munculnya gigi susu maka perlu diperhatikan juga penanganan yang tepat untuk membantu pertumbuhan giginya. Setiap anak memiliki rata-rata kecepatan pertumbuhan yang berbeda-beda, maka dari itu Bunda harus dapat mengetahui dengan pasti waktu pertumbuhan gigi yang dimiliki Si Kecil.

Memberikan stimulasi dengan alat

Sekarang banyak produk yang dapat digunakan dalam menstimulasi pertumbuhan pada gigi. Salah satu yang paling umum digunakan adalah dengan mainan gigit yang dibuat dengan bahan yang aman dan nyaman bagi gigi Si Kecil.

Mainan gigit ini dapat Bunda berikan untuk merangsang pertumbuhan giginya. Dengan sering menggigit mainannya maka rangsangan pada gigi terus dapat dilakukan dan memacu pertumbuhannya untuk dapat berkembang dengan cepat dan tumbuh dengan baik.