Penyebab rambut rontok dan Cara Mengatasinya

0
50
Rambut Rontok
Rambut Rontok

Pria lebih identic mengalami kerontokan rambut dibandingkan dengan wanita. Namun, rambut menipis dan rambut rontok juga sering dialami oleh wanita. Salah satu penyebabnya adalah sangat macam-macam sekali, seperti halnya kekurangannya vitamin, hingga ke masalah yang lebih kompleks lagi, maka dalam artikel ini membahas tentang bagaimana cara mengatasi rambut rontok sesuai dengan sebabnya:

  • Kekurangan protein

Penyebab rambut rontok bisa jadi karena Anda menjalani diet rendah protein. Protein adalah salah satu zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut juga. Asupan protein yang terlalu rendah itu bisa melemahkan struktur rambut Anda dan bisa juga memperlambat pertumbuhan rambut. Nah, penyebab dari ini bisa mulai terlihat 2 hingga 3 bulan setelah penurunan asupan protein pada tubuh Anda.

Rambut Rontok
Rambut Rontok

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Perbanyak lah makan protein seperti mengkonsumsi ikan, daging, dan juga telur. Jika Anda senang dengan vegetarian, maka penuhi kebutuhan protein Anda dengan cara mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, tahu dan juga tempe.

  • Akibat dari Anemia

Kebanyakan dari wanita yang berusia 20 hingga 49 tahun banyak yang mengalami anemia defisiensi zat besinya. Wanita yang mempunyai perdarahan menstruasi hebat atau tidak mencukupi kebutuhan zat besi ini akan cenderung mengalami anemia. Anemia akibat kekurangan zat besi yang menyebabkan kelelahan yang amat sangat, kemudian lemah tubuh, dan kulit memucat.

Maka dari itu, hal ini bisa menyebabkan rambut rontok. Tubuh membutuhkan asupan zat besi yang memadai untuk bisa membawa oksigen ke sel-sel tubuh lewat darah, termasuk ke folikel rambut. Itulah sebabnya, jika Anda mengalami anemia dari akibat kekurangan zat besi ini, maka rambut Anda akan rentan mengalami kerontokan. 

Lantas bagaimana cara mengatasi rambut rontok tersebut? Selain Anda keramas dengan menggunakan shampoo CLEAR, maka suplemen zat besi bisa membantu Anda di dalam mengatasi anemia. Selain itu, cukupi asupan zat besi Anda dari menu makanan Anda sehari-hari.

Zat besi ini banyak terkandung di dalam sayuran yang berdaun hijau, daun bawang, kacang mede, dan buah-buahan. Bagi Anda yang suka dengan vegetarian, maka penuhi asupan zat besi dari bayam.