Pentingnya Mengetahui Kalkulator Kehamilan

0
80
Kalkulator Kehamilan

Kehamilan merupakan hal yang sangat diimpikan oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Setiap ibu hamil, wajib memperhatikan kondisi kandungannya. Salah satu caranya adalah dengan mengenali kalkulator kehamilan. Hal tersebut sangat penting untuk mengetahui usia kandungan secara cepat.

Melalui hal tersebut, ibu yang sedang hamil bisa memantau perkembangan janin. Di samping itu, ibu yang sedang hamil pun dapat mengetahui asupan nutrisi dan gizi yang harus diberikan pada trimester-trimester tertentu.

Apa itu Kalkulator Masa Kehamilan dan Manfaatnya?

Kalkulator Kehamilan
Kalkulator Kehamilan

Kalkulator kehamilan berfungsi untuk mengetahui usia kandungan. Bahkan, kalkulator ini dapat mengetahui berat badan ibu hamil yang normal pada masa kehamilan. Selain itu, banyak keunggulan lainnya seperti:

1.  Mengetahui Usia Kehamilan

Fungsi utamanya yaitu untuk menghitung usia janin di dalam kandungan, dan usia kehamilan. Usia ideal masa kehamilan perempuan yaitu sekitar 38 minggu. Penghitungannya disesuaikan dari terjadi masa pembuahan.

Masa pembuahan bisa dihitung dari hari terakhir Anda haid. Dengan kalkulator masa kehamilan, Anda bisa mengetahui usia kehamilan.

2.  Bermanfaat Untuk Menghitung Perkiraan Lahir

Kalkulator juga bisa digunakan untuk mengetahui perkiraan kapan janin dalam kandungan lahir. Kalkulator ini bisa sangat spesifik sekali dalam menghitung perkiraan masa kelahiran buah hati yang ada dalam kandungan.

Dengan begitu, ibu hamil dapat mempersiapkan persalinan dari jauh-jauh hari. Cara menggunakan kalkulator pun tergolong sangat mudah sekali.

3.  Bisa Digunakan Untuk Memperkirakan Berat Badan Normal

Dengan bantuan kalkulator ini, Anda bisa memperkirakan kenaikan badan yang normal. Umumnya, ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan sebesar 1 hingga 2 kilogram. Kenaikan badan tersebut, umumnya terjadi pada bulan ke 2 dan ke-3 masa kehamilan.

Setelah itu, ibu hamil juga akan mengalami kenaikan sebanyak 0,5 . Kenaikan tersebut terjadi di setiap minggunya.

4.  Mengetahui Awal dan Akhir Masa Trimester

Yang tidak kalah penting dari kalkulator ini adalah, memberi informasi terkait awal dan akhir trimester. Kenapa hal ini penting? Karena, pada setiap trimester, akan terjadi perubahan yang signifikan pada ibu hamil. Perubahannya terjadi secara fisik dan beberapa gejala kehamilan lainnya.

5.  Kalkulator Membantu Mengetahui Informasi Berat Badan Bayi

Anda bisa mengetahui berat badan bayi dari kalkulator untuk kehamilan. Hal ini penting sekali agar persalinan Anda kelak lancar. Selain itu, di setiap masa kehamilan, setiap ibu hamil akan disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan. Baik itu untuk kesehatan dirinya, maupun kesehatan bayi di dalam kandungan.

Nah, itulah informasi terkait kalkulator kehamilan. Kini, Anda sudah tahu mengenai informasi dan juga keunggulannya kan? Nah, jika Anda sedang dalam kehamilan, ilahkan Anda gunakan kalkulator tersebut untuk memantau perkembangan kehamilan Anda. Semoga penjelasan di atas membantu Anda dalam memantau dan menjaga kesehatan pada masa kehamilan.