Pentingnya Cyber Security Indonesia di Perusahaan

0
226
cyber security Indonesia
cyber security Indonesia

Memulai serta menjalankan bisnis sendiri atau menjalankan bisnis berkelompok secara bersama, merupakan suatu hal yang lumrah bahkan menjadi idaman atau keinginan beberapa orang di masa sekarang. Kemudahan akses untuk membuka usaha tak lepas dari pengaruh globalisasi dan diimbangi dengan ketersediaan akses internet sebagai global networking begitu mudah.

Di Indonesia sendiri kesadaran atau melek internet sudah hampir merata dan bisa dikatakan hampir lebih dari 80% masyarakat di indonesia sudah paham apa itu Internet. Dalam segi bisnis, kemudahan semacam ini tentu saja sangatlah menguntungkan. Banyak perusahaan-perusahaan baru atau biasa kita sebut start up bermunculan. Telah banyak diantara start up-start up asli karya anak bangsa yang telah sukses memasarkan beberapa produk atau layanan nya bahkan hingga keluar negeri. Namun seringkali masalah-masalah keamanan berbasis cyber terlalu dianggap remeh atau cenderung tak diperhatikan.

Dengan kemajuan dunia internet, ancaman cyber attack seperti Ransomware yang sempat marak dan membuat heboh beberapa tahun yang lalu perlu dihindari. Maka dari itu, tentunya diperlukan adanya kesadaran akan kebangkitan cyber security Indonesia. Terutama bagi kamu yang akan atau sudah menjalankan bisnis berbasis cyber. Kemudian kenapa adanya keamanan digital ini sangat penting? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu:

cyber security Indonesia
cyber security Indonesia

1.  Ancaman Penjahat Dunia Maya Nyata Adanya

Sebagai yang mana kita tau, umumnya dari film fiksi ilmiah, penjahat cyber atau biasa disebut hacker memang nyata adanya di dunia. Terdapat dua jenis hacker di kehidupan kita, yaitu black hacker dan white hacker. White hacker bisa dibilang adalah hacker yang memiliki tujuan baik sedangkan black hacker adalah hacker yang jahat dan biasanya memanipulasi data seseorang atau kelompok tertentu untuk keuntungannya sendiri.

Selain melanggar hukum, tentunya kerugian yang dialami akan sangat besar. Kamu selaku pemilik perusahaan tentunya tidak ingin merugi dengan aksi-aksi pencurian dan manipulasi data perusahaan dan lainnya bukan? Seorang hacker kelas amatiran pun dapat membuka database perusahaan kamu jika dia menemukan celah yang tepat disertai sistem keamanan yang tidak memadai. Maka dari itu cyber security Indonesia sangat diperlukan adanya.

2. Ancaman Pencurian Data Nasabah atau Data Costumer

Dalam menjalankan bisnis, pelayanan serta kepercayaan costumer atau nasabah akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu perusahaan. Tentunya kamu tidak ingin kecolongan tentang data-data costumer perusahaan kamu dan dipergunakan secara tidak bertanggung jawab oleh pihak tertentu karena hal ini akan mempertaruhkan reputasi perusahaanmu di masa depan. 

Tingkat kepercayaan pelanggan juga akan turun secara drastis jika hal tersebut sampai terjadi. Alhasil, penghasilan atau performa perusahaan akan menurun dan jelas itu akan menjadi awal dari kemunduran suatu perusahaan. Untuk menanganinya, kamu bisa mencari para lulusan baru jurusan cyber security dari IDS Digital College yang mencetak banyak sekali ahli dan praktisi cyber security terpercaya.

3. Ancaman Malware Bisa Dihindari

Beberapa tahun yang lalu sempat ada kejadian geger di beberapa perusahaan terkait adanya serangan ransomware dari para hacker. Konsep dari ransomware sebenarnya hanya simpel namun masalah yang ditimbulkan tidak semudah itu dan tidak bisa dikatakan simpel. Ransomware adalah semacam penyanderaan pada komputer kamu dengan mengunci data atau file dengan mengenkripsinya, sehingga komputer dan data-data di dalamnya tidak dapat digunakan. 

Seperti pada kasus penculikan disertai penyanderaan, hacker tersebut melalui ransomware meminta sejumlah uang supaya data atau file serta komputer kamu dapat kamu gunakan kembali. Parahnya, para hacker menyertakan waktu batas penebusan. Jika kamu tidak membayarkan sejumlah uang itu pada batas waktu yang di tentukan, data kamu akan dihapus dan tidak dapat dikembalikan selamanya. Bagaimana jika ancaman ransomware ini menyerang komputer pusat atau komputer server pada perusahaan kamu? Tentu akan sangat berbahaya untuk perusahaan kamu. Disinilah peran cyber security sangat diperlukan untuk menghalau ancaman semacam ini.

Dengan mengetahui pentingnya cyber security Indonesia untuk keamanan data perusahaan. Kamu bisa masuk jurusan cyber security Indonesia di IDS College dan mengambil peran sebagai pahlawan digital.