Pengenalan Fase Anak Usia Toddler

0
69
Toddler artinya
Toddler artinya

Fase toddler artinya fase anak awal balita. Dalam fase ini juga sering disebut sebagai masa emas pertumbuhan anak. Dalam fase ini anak menginjak usia 12 hingga 36 bulan. Sehingga anak dalam fase paling aktif dalam hidupnya. Berikut akan dijelaskan perkembangan anak dalam fase toddler ini.

Perkembangan Anak Dalam Fase Toddler

1.   Pertumbuhan otak

Dari usia dalam kandungan sampai anak berusia 3 tahun, otak anak akan terus bertumbuh dan berkembang hal ini tentu membuat orang tua sangat berkesan. Ketika anak lahir mereka akan mempunyai neuron yang dibutuhkan. Lalu ukurannya akan terus bertambah terlebih jika masuk fase toddler. Toddler artinya anak akan memiliki pertumbuhan volume otak hingga 80% dari pada milik orang dewasa. Tentu pertumbuhan ini tergolong sangat pesat.

Toddler artinya
Toddler artinya

2.   Bereksplorasi

Dalam fase toddler anak akan mulai memiliki kemampuan berjalan dan berfikir. Ini akan membuat anak terus bertumbuh dan selalu melakukan eksplorasi terhadap lingkungan sekitarnya.

3.   Melakukan berbagai hal dengan sendiri

Dalam fase toddler anak akan mulai mengasah ketrampilan untuk mandiri. Pada fase ini anak akan menguasai berbagai macam hal sehingga meningkat kepercayaan dirinya. Mereka akan mulai bisa berbicara sehingga anak akan dapat memberi tahu orang tuanya apa yang mereka inginkan. Pada fase ini kemampuan otak kecil dan besarnya akan terus bertumbuh dengan lancar. Selain itu si kecil juga telah berhasil mengenali lingkungan sekitarnya dengan baik dalam fase toddler in.

4.   Sistem imun semakin berkembang

Ketika bayi anak masih belum memiliki sistem imun yang sempurna, sehingga mereka membutuhkan ASI untuk melindungi tubuhnya dari serangan penyakit. Anak sudah masuk fase toddler artinya anak sudah mulai mengembangkan sistem imun dalam tubuhnya. Selain itu organ-organ lain di tubuhnya juga akan terus berkembang mulai dari organ pencernaan, pendengarannya dan lainnya.

Itulah beberapa perkembangan anak dalam fase toddler yang perlu ibu tahu. Karena dalam fase ini anak sedang aktif-aktifnya, sehingga membutuhkan banyak nutrisi untuk menunjang perkembangan tersebut. Ada baiknya ibu memberinya tambahan nutrisi seperti susu untuk menunjang tumbuh kembangnya.