Pengembangan Industri di Indonesia Oleh Kadin

0
233
kadin indonesia
kadin indonesia

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) ini bukan sekadar organisasi para pengusaha dan perusahaan. Sejatinya Kadin adalah salah satu instrumen nasionalisme yang memiliki misi meningkatkan perekonomian dan juga kesejahteraan masyarakat demi terciptanya kebanggaan nasional di panggung percaturan global. Dinamika dalam tubuh Kadin Indonesia tak dapat dilepaskan dari perubahan sosial politik nasional yang terjadi.

Selama era Orde Baru, Kadin memiliki kekuatan besar karena kedekatannya dengan penguasa, meski power itu tak memiliki dasar hukum yang kuat. Di era pasca reformasi, organisasi ini di tingkat kabupaten/ kota mengalami mati suri setelah kekuatannya dilucuti atas nama demokrasi. Maka dari itu kadin adalah salah satu organisasi atau badan yang dapat membantu pengembangan industri di Indonesia. Organisasi ini terdiri dari para pengusaha di Indonesia.

kadin indonesia

Kadin baik di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten atau kota kini dituntut lebih meningkatkan peran, fungsi dan profesionalitasnya dalam pengembangan industri di Indonesia. Peran itu terutama diharapkan di bidang-bidang layanan informasi, edukasi, standarisasi, kompetensi, penguatan administrasi keanggotaan, dan juga penguatan fungsi lobi.

Di samping itu juga, Kadin Indonesia ini perlu berjuang lebih keras dan juga lebih cerdas di dalam mengusulkan kepada pemerintah agar UU tentang Kadin ini disempurnakan yang bertujuan memiliki kekuatan yang mengikat bagi anggota Kadin baik di tingkat pusat sampai kabupaten atau kota. Secara teoritis, penguatan peran ini akan membuat Kadin semakin dibutuhkan oleh pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat luas. 

Hardono berharap buku ini menjadi semacam “buku putih” tentang Kadin, buku yang menjadi acuan bagi semua pengusaha Indonesia sekaligus menjadi sumber inspirasi bagi para pelaku ekonomi dalam menghadapi berbagai perubahan. Karya tulis ini juga diyakini akan dapat mendorong anggota Kadin dan dunia usaha menjadi pelopor perubahan dan kemajuan.

Itulah beberapa keuntungan Kadin bagi para pengusaha yang ada di Indonesia. Pengembangan industri di Indonesia, sedikit banyaknya kini akan terbantu dengan hadirnya Kadin sebagai salah satu badan terbaik tempat bernaungnya para pengusaha da juga menjadi fasilitas pengusaha untuk melakukan aktivitas usahanya.