Panduan Memilih Susu Cair untuk Pertumbuhan Si Kecil

0
33
susu cair

Sebagai seorang ibu, tentu Anda menginginkan yang terbaik untuk si kecil, terutama dalam memilih susu cair anak. Apakah susu pilihan Anda sudah tepat? Selain ingin yang terbaik, tentu kita harus teliti sebelum membeli. Apalagi, saat ini semakin banyak produsen susu yang kreatif dan membuat susu dengan berbagai jenis, rasa, dan kemasan.

dari susu cair, krimer, hingga kental manis semuanya dijual dengan harga yang beragam pula. Dari banyaknya jenis susu yang beredar, susu cair nampaknya masih menjadi primadona. Wajar saja karena susu cair cenderung lebih praktis dan memiliki kadar gizi yang lebih seimbang jika dibandingkan susu bubuk. Sebelum membeli susu cair, sebaiknya perhatikan beberapa hal.

susu cair
Susu cair
  • Kemasan Susu

Kemasan menjadi hal pertama yang harus diperhatikan saat ingin membeli susu cair. Dibandingkan susu bubuk., susu cair lebih rentan dengan kondisi yang berada di luar kemasan. Hindari membeli susu cair anak dengan kemasan yang penyok atau cacat. Rusaknya kemasan akan memperbesar peluang terjadinya kontaminasi susu dengan udara luar maupun bakteri. Jika begini, maka kandungan kadar gizi susu akan menurun.

  • Cek Tanggal Kadaluarsa

Selain kemasan, jangan ragu untuk mengecek tanggal kadaluarsa (expired date) yang tertera pada kemasan. Susu cair anak cenderung memiliki masa konsumsi yang lebih cepat dibandingkan susu bubuk. Hindari memilih susu cair yang tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa maupun tanggal kadaluarsa yang rusak, karena itu tandanya susu cair tidak memiliki masa produksi dan masa batas konsumsi yang jelas. Konsumsi susu paling tidak sebulan sebelum masa kadaluarsa yang tertera.

  • Segera Habiskan

Setelah kemasan susu dibuka, segera habiskan susu agar mendapat gizi yang maksimal. Nilai gizi susu tentu akan berbeda saat kemasannya telah dibuka. Nilai gizinya tidak akan sama seperti awal dikonsumsi. Inilah sebabnya, susu cair biasanya dikemas dalam kemasan kecil yang praktis agar segera habis.

  • Beli Sesuai Kebutuhan¬†

Sebelum membeli susu cair, sebaiknya pertimbangkan masa konsumsi susu yang tidak lama, sehingga Anda akan membeli sesuai kebutuhan. Untuk si kecil, sebaiknya pilih susu cair anak dengan kemasan kecil sekali minum. Kemasan ini sangat cocok diberikan untuk anak usia 2 tahun ke atas dan bisa dibawa kemanapun. Jika memang harus membeli kemasan besar, segera masukkan lemari es saat kemasan telah dibuka dan habiskan segera dalam waktu setidaknya empat hari.

  • Memilih Kemasan Kotak Kecil

Sebaiknya Ibu dan Ayah jangan terlalu terburu-buru memberikan makanan tambahan untuk si kecil. Tunggulah setelah si kecil telah berusia 2 tahun. Itupun Ibu harus memilih susu rendah lemak yang mampu memberikan tambahan energi untuk si kecil beraktivitas.

Pemberian susu cair tidak disarankan untuk diberikan pada anak dibawah satu tahun, karena sistem pencernaannya belum siap, sehingga masuknya susu belum bisa ditolerir oleh si kecil. Namun, jika memang dibutuhkan sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis anak.

Sebagai nutrisi tambahan yang tepat untuk si kecil, Anda bisa memberikan susu cair anak yang berkualitas seperti Morinaga Chil Go yang dibuat dengan kemasan praktis siap minum. Sangat cocok dibawa sebagai teman bermain dan berjalan-jalan.

Si kecil tak akan bosan karena ada 5 varian rasa yang bisa dipilih. Bagi si kecil yang mengalami alergi terhadap protein susu sapi, maka pilih varian Chil Kid Soya. Tak ada alasan untuk si kecil tidak mendapat nutrisi tambahan ya Bu.