Metode Pengobatan Campak Dari Rumah

0
36
ruam anak
ruam anak

Salah satu penyakit kulit yang kerap menyerang sikecil adalah ruam anak campak. Yang mana campak atau biasa dikenal juga dengan penyakit rubella ini merupakan suatu infeksi kulit, yang disebabkan oleh masuknya virus kedalam tubuh. 

Anak yang sudah terkena campak ini, bisa terlihat dari kemunculan ruam kemerahan yang biasanya menyerang pada seluruh angggota tubuh. Bila tidak segera diobati, maka penyakit ruam campak ini resikonya sangat fatal karena bisa mengakibatkan kematian.  

Namun anda tidak usah panik dulu, karena nyatanya masih terdapat berbagai macam metode untuk mengobati penyakit campak ini yang bisa anda lakukan dirumah. Adapun berbagai metode pengobatan ruam anak campak ini adalah sebagai berikut:

ruam anak
  • Memberikan jam istirahat lebih. 

Salah satu cara pengobatan termudah yang bisa anda berikan terhadap ruam anak campak ini adalah, dengan memberikan jam istirahat lebih kepada sikecil. Mengapa demikian? Karena sejatinya dengan memberikan waktu istirahat lebih kepada anak, secara tidak langsung akan merangsang sistem kekebalan tubuh sikecil menjadi lebih kuat untuk melawan virus penyebab campak, yang sudah terlanjur masuk kedalam tubuh sikecil. 

  • Memberikan makanan yang kaya akan gizi dan vitamin

Cara pengobatan campak selanjutnya yang bisa anda lakukan dirumah adalah, dengan memberikan asupan makanan yang mengandung banyak gizinya dan juga kaya akan vitamin. Karena dengan kandungan yang baik didalam asupan makanan yang diberikan, sejatinya bisa menjadi bentuk perlawanan terhadap penyakit ruam anak campak dari dalam tubuh sikecil.

Akan tetapi bilamana sikecil kurang bisa menerima makanan dengan baik, maka anda bisa mengakalinya dengan membuat tekstur makananya menyerupai bubur, agar bisa lebih mudah masuk kedalam mulut sikecil. Disamping itu anak yang sedang terkena campak ini, sangat disarankan sekali untuk rutin mengkonsumsi air putih agar terhindar dari permasalahan dehidrasi pada anak . 

  • Mengisolasi anak dari kegiatan di luar rumah

Yang perlu anda ketahui mengenai ruam anak campak ini adalah, merupakan salah satu penyakit kulit yang sifatnya menular. Dengan demikian melakukan metode isolasi mandiri dirumah bagi sikecil, bisa menjadi salah satu langkah pengobatan terbaik bagi sikecil yang sedang terkena campak. Selain bisa memiliki porsi istriahat yang lebih banyak ketika berada didalam rumah, dengan mengisolasi anak didalam rumah juga bisa membantu meminimalisir penularan penyakit campak ini, di area sekitar rumah anda.  

  • Mandi dengan menggunakan sabun khusus

Anak yang sedang terkena campak, sejatinya boleh dimandikan asalkan sudah terlihat demam yang diderita sikecil sudah nampak menurun. Dengan melakukan mandi ini, tentunya bisa membantu mengurangi rasa gatal yang diakibatkan oleh campak ini. Namun yang harus anda perhatikan saat akan memandikan anak ini adalah, pastikan hanya menggunakan sabun khusus atau sabun yang tidak menimbulkan efek samping apapun pada permukaan kulit.

Dan ketika anda mau mengeringkan badan sikecil juga menjadi harus diperhatikan karena sedikit berbeda seperti pada saat mandi pada biasanya. Lakukan pengeringan badan sikecil dengan menggunakan handuk yang bersih dan halus, dengan cara gosok secara perlahan atau bisa juga dengan cara ditepuk-tepuk secara halus. Untuk hasil yang lebih optimal dalam pengobatan ruam anak campak ini, setelah mandi anda bisa memberikan bedak khusus gatal untuk mengurangi rasa gatal yang diderita sikecil akibat campak. 

  • Megnkonsumsi Kunyit, Cengkeh, dan juga Bawang Merah

Kunyit merupakan salah satu bahan bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai obat alami dari campak. Selain kunyit ada juga cengkeh dan bawang merah, yang didalamnya mengandung zat anti peradangan yang bisa membantu pemulihan penyakit campak ini.