Mengenal Lebih Dalam Istilah “Leads” Saat Belajar Internet Marketing

0
119
Belajar Internet Marketing
Belajar Internet Marketing

Belajar internet marketing –  Saat sedang mengikuti atau mempelajari cara-cara internet marketing, biasanya Anda akan disuguhkan dengan beberapa istilah yang belum Anda ketahui. Salah satunya adalah “leads” yang kerap muncul di setiap topik pembahasan. Lantas apa yang dimaksud dengan leads ini sebenarnya? 

Pengertian leads 

Pada dasarnya, istilah leads dalam dunia belajar internet marketing,  adalah calon konsumen sebuah brand yang sudah mulai menunjukkan ketertarikan nya terhadap apa yang perusahaan Anda tawarkan. Entah itu, produk ataupun jasa.

Secara umum,  seseorang dikatakan telah menjadi leads jika ia telah mendaftarkan identitas dirinya kepada brand tersebut. Entah itu lewat survey online, email registrasi, atau apapun yang membuat data diri orang tersebut tercatat, untuk selanjutnya dilakukan follow up. 

Menciptakan lead generation

Jika sebuah brand sudah mendapatkan data leads, maka langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah melakukan lead generation. Apa yang dimaksud dengan lead generation? 

Lead generation merupakan sebuah proses singkat untuk mencuri perhatian lebih lagi terhadap orang-orang yang sudah tertarik dengan brand Anda tersebut (leads). Atau dengan kata lain, lead generation adalah sebuah usaha untuk mengkonversi dari yang hanya tertarik, hingga menuju mengambil tindakan pembelian untuk pertama kalinya. 

Cara dan proses mengumpulkan leads 

Kita sudah memahami apa yang dimaksud dengan leads, dan bagaimana mengubah leads menjadi konsumen. Lantas, bagaimana caranya mengumpulkan leads tersebut? dalam sesi belajar internet marketing, biasanya akan disebutkan bahwa leads awalnya akan mendatangi sendiri salah satu channel marketing brand Anda.

Entah itu lewat website, blog, ataupun sosial media. Dan disaat tersebut pula, biasanya orang-orang akan meng”klik” tombol call to action (CTA) yang akan mengarahkan mereka kepada landing page baru, dimana di halaman tersebut mereka akan diminta untuk memberikan kontak mereka. 

Tunggu dulu, apakah orang akan mau memberikan informasi kontak mereka secara Cuma-Cuma? Jawabannya tentu tidak. Biasanya sebuah brand ataupun bisnis akan memberikan sebuah imbalan bernilai bagi mereka yang telah memasukkan informasi kontak mereka. entah itu berupa eBook, template, dan lain semacamnya. Dengan cara seperti ini, maka calon konsumen atau leads pun akan bersedia untuk mencari tahu lebih banyak lagi terhadap brand atau bisnis tersebut. 

Apa saja informasi yang di butuhkan dari leads? 

Ketika hendak mengumpulkan leads, maka hendaknya sebuah landing page brand atau bisnis harus membuat sebuah formulir yang berisi informasi kontak email, ataupun nomor telepon. Ini adalah cara paling umum yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar sekalipun. Jika mereka sudah mengisi semuanya secara jujur dan benar, maka selamat! Anda telah mendapatkan leads baru untuk brand atau bisnis Anda. 

Demikianlah pembahasan singkat mengenai leads yang merupakan bagian dari belajar internet marketing, semoga bermanfaat!