Memilih Rumah Bersalin yang Tepat untuk Lahiran

0
125
Susu Prenagen

Apa bila bayi sudah mulai menendang-nendang, itu artinya tanda kelahiran semakin dekat. Jika sudah merasakan gejala kelahiran, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan bagaimana proses kelahiran dan menentukan metode kelahiran yang Anda inginkan. Sambil menunggu kehadiran si kecil ke dunia, pastikan Anda tetap menjaga kesehatan sambil mengkonsumsi susu prenagen

Perencanaan Proses Kelahiran Yang Perlu Anda Pahami

Susu Prenagen
Susu Prenagen

Meskipun wanita sekarang memiliki lebih banyak pilihan soal proses kelahiran, tentu saja ada beberapa batasan yang harus Anda ketahui agar bisa mengambil keputusan terbaik, antara lain:

  • Lokasi praktek petugas layanan kesehatan 
  • Cakupan asuransi kesehatan yang Anda miliki 
  • Faktor kesehatan apakah Anda punya sejumlah resiko dalam masa kehamilan
  • Lokasi tempat tinggal dan rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal Anda. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan yang membantu Anda mengambil keputusan di waktu proses kelahiran nanti:

Rumah Sakit Bersalin 

Rumah sakit khusus bersalin menjadi rujukan yang paling sering dituju oleh banyak wanita. Apa lagi bila Anda memiliki resiko kesehatan, rumah sakit menjadi pilihan terbaik dalam hal ini. Terlebih lagi, rumah sakit biasanya memiliki fasilitas dan teknologi yang lebih mutakhir sehingga proses persalinan jadi lebih lancar. Sekarang ini banyak sekali rumah sakit yang menyediakan beberapa pilihan agar persalinan lebih nyaman. 

Rumah Sakit Untuk Persalinan Dengan Cara Tradisional 

Beberapa rumah sakit daerah menyediakan layanan persalinan dan menyediakan banyak ruangan, tergantung Anda berada di proses yang mana dalam masa ini. Contohnya setelah melahirkan, Anda akan dipindahkan ke ruangan lain untuk proses penyembuhan dan kemudian dipindahkan lagi ke ruangan yang semi-privat. Selain itu, bayi Anda kemungkinan akan dibawakan ke ruangan ketika waktunya makan dan dipisahkan di ruangan khusus. Meski demikian, tidak semua rumah sakit menyediakan prosedur yang sama. 

Hal-hal Yang Wajib Anda Tahu Jika Memilih Rumah Sakit Untuk Persalinan

Faktanya memang tidak mudah memilih rumah sakit bersalin. Anda harus meluangkan waktu berkunjung ke setiap rumah sakit untuk melihat layanan yang ditawarkan. Pastikan Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Memesan kamar private akan tetap terasa berisik di beberapa waktu karena staf kesehatan akan datang ke kamar Anda untuk melakukan kontrol dan pengecekan pada Anda dan bayi. 
  • Bandingkan rata-rata ibu yang menggunakan C-section dan episiotomi di setiap rumah sakit. 
  • Tentunya dokter akan memprioritaskan keamanan dan keselamatan si kecil dan Anda sendiri. Ini artinya Anda tidak bisa 100% menentukan beberapa hal. Jika diperlukan, mereka akan melakukan intervensi. 
  • Anda wajib mematuhi aturan dan kebijakan yang berlaku di rumah sakit. Sebagai contoh Anda hanya diperbolehkan minum air putih karena Anda akan menjalani C-section. Bahkan rumah sakit akan membatasi siapa saja yang diijinkan menjenguk.

Melahirkan di rumah sakit sangat disarankan meskipun kondisi Anda sehat karena ada beberapa perawatan khusus yang Anda butuhkan paskah melahirkan. Apalagi jika ini adalah kelahiran pertama. Anda memerlukan beberapa edukasi mengenai bagaimana cara merawat bayi. Anda sangat tidak disarankan juga melahirkan di rumah apabila memiliki kondisi berikut ini:

  • Anda memiliki gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. 
  • Anda akan melahirkan bayi kembar. 
  • Anda harus melahirkan dengan cara caesar
  • Kehamilan Anda beresiko.

Itulah hal-hal dasar yang harus Anda perhatikan menjelang persalinan. Semoga Anda dan bayi selamat dan sehat!