Manfaat Susu Probiotik Bagi Kesehatan Anak

0
33

Susu merupakan salah satu minuman yang paling sering diberikan serta disukai oleh anak apalagi memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuhnya. Hal tersebut membuat banyak orang tua dengan rutin memberikan minuman susu kepada si anak setiap harinya. Seperti halnya dengan susu probiotik yang memiliki kandungan bakteri yang bisa membantu untuk melindungi dan memelihara lambung dan usus.

Probiotik merupakan jenis bakteri yang bersifat baik sehingga bisa melawan bakteri jahat yang terdapat dalam tubuh. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh bakteri tersebut untuk bekerja salah satunya dengan menyeimbangkan jumkah bakteri yang ada di dalam sistem pencernaan. Probiotik bisa ditemukan di beberapa makanan seperti tempe, acar, kefir maupun yougurt. 

Tips Ketika Memberikan Susu Untuk Anak

Bagi anda yang ingin memberikan susu probiotik kepada anak maka usahakan untuk memperhatikan beberapa peringatan sebelum mengonsumsinya. Sebab susu tersebut memiliki efek samping yang dapat menyebabkan anak mengalami beberapa gejala sehingga perlu diketahui apasaja tips ketika mengonsumsinya, berikut adalah beberapa tipsnya:

  1. Jangan memberikan susu tersebut kepada anak yang alergi terdapat probiotik.
  2. Dilarang memberikan kepada anak yang memiliki beberapa masalah kesehatan pada pancreas, sistem imun yang lemah maupun mengalami masalah pada usus. 
  3. Usahakan selalu untuk berkonsultasi kepada dokter yang ahli dalam masalah tersebut untuk memberikan arahan mengenai prosedur ketika ingin mengonsumsi minuman tersebut. 

Kandungan Bakteri Atau Jamur Yang Terdapat Di Dalam Probiotik

Harus diketahui pula bahwa jenis susu probiotik ini memiliki beberapa kandungan bakteri atau jamur yang bersifat baik sehingga bisa melawan bakteri jahat yang terdapat dalam tubuh. Beberapa jenis bakteri yang terdapat dalam susu tersebut antara lain, lactobacillus yang digunakan untuk mengatasi masalah diare atau gangguan penyerapan laktosa.

Bifidobacterium yang berfungsi untuk meredakan keluhan gangguan pencernaan serta saccharomyces boulardii yang berguna untuk meredakan diare, radang saluran pencernaan serta iritasi di saluran pencernaa. Melihat akan hal tersebut memang perlu sekali untuk mengonsumsinya namun harus sesuai denga anjuran agar tidak berlebihan.