Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Menyusui

0
56
sari kurma untuk ibu menyusui

Serba Serbi Kurma yang Penuh Manfaat

Kurma merupakan buah yang biasanya dikonsumsi secara langsung dengan jumlah yang ganjil, misalnya cukup 3 atau 5 butir saja. Namun, ada pula jenis sari kurma untuk ibu menyusui yang lebih mudah dan praktis untuk penyimpanan dan konsumsi keluarga sehari-hari. Buah ini telah menjadi makanan pokok orang-orang di Timur Tengah selama ribuan tahun.

Tak heran jika menyebut kurma masyarakat langsung teringat dengan negara Arab dan sekitarnya. Buah kurma memiliki banyak sekali jenis dan golongan berdasarkan fisiknya. Yakni kimri atau kurma muda, halal untuk kurma yang berukuran penuh, ruthab yaitu kurma yang matang nan lembut. Terakhir ada golongan kurma tamr yang matang dan dikeringkan dengan bantuan dari sinar matahari. 

sari kurma untuk ibu menyusui
sari kurma untuk ibu menyusui

Di Indonesia sendiri lebih disukai kurma ruthab, karena tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Biasanya disajikan sebagai kudapan saat berbuka puasa, padahal sebenarnya buah ini memiliki banyak sekali manfaat. Khususnya bagi ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan asupan nutrisi lebih untuk ibu dan juga bayinya. 

Kurma memiliki kandungan vitamin C, karbohidrat, serat, dan protein sehingga dapat menjadi sumber energi. Serat tinggi sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh, sehingga cocok untuk orang-orang dengan masalah sembelit. Selain itu, kurma juga mengandung antioksidan yang akan meningkatkan kesehatan jantung, mencegah risiko diabetes, dan mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Tak hanya langsung dimakan dari buah, banyak sekali sari kurma untuk ibu menyusui yang beredar di pasaran. Lebih praktis dan mudah dikonsumsi, sebab dapat menjadi campuran berbagai kuliner, sebagai pengganti pemanis yang lebih sehat dan mudah diserap oleh tubuh. 

Fruktosa di dalam buah kurma berbeda dengan kandungan gula pada makanan lainnya. Walaupun rasanya sangat manis, makanan ini tetap aman bagi penderita diabetes. Tentunya dengan takaran yang pas, sebab sesuatu yang berlebihan tidak akan baik, yakni cukup 3 butir atau sekitar 15 gram saja. 

Para peneliti telah membuktikan takaran tersebut tidak akan menaikkan kadar glukosa, baik penderita diabetes yang sedang menjalani terapi OHO ataupun yang menggunakan insulin. Sehingga bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan, terutama baik untuk wanita yang ingin melakukan diet. 

Sari kurma dibuat dari buah kurma berkualitas yang diproses sedemikian rupa menjadi cairan agak kental tanpa mengurangi kandungan di dalamnya. Dikemas dalam botol plastik ataupun kaca yang disterilisasi terlebih dahulu. Jauh lebih mudah, praktis, dan higienis, hal Ini yang membuat orang lebih memilih sari kurma dibandingkan dengan memakan buahnya secara langsung. 

Cocok untuk tambahan pada jus buah, salad, atau bisa juga sebagai pengganti gula dalam pembuatan kue. Yang akan memberikan rasa yang unik dan sangat manis, pasti sangat disukai anak-anak. Wah, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari sari kurma untuk ibu menyusui, anak-anak, hingga orang dewasa. Yuk mulai rutin konsumsi kurma setiap hari untuk seluruh anggota keluarga di rumah.