Kenali Jenis-jenis Semen dan Kegunaannya Sebelum Membeli

0
130
Semen
Semen

Ada banyak material pembangunan yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pembangunan, salah satunya yaitu semen atau cement. Banyak orang awam yang beranggapan bahwa hanya ada satu jenis cement saja. Padahal kenyataannya ada beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan. Sebelum membeli ada baiknya Anda juga mengetahui jenis-jenisnya sehingga tidak salah membeli. Langsung saja, berikut ini adalah jenis-jenisnya:

Jenis Biasa atau Abu-abu

Jenis ini memiliki nama lain Portland yang memiliki warna abu kebiruan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya adalah batu kapur atau gamping kemudian diolah menggunakan suhu tinggi. Ada 4 jenis yang tersedia di pasaran yaitu Portland Type 1 untuk pembangunan umum, Portland Type 2 untuk pembangunan yang membutuhkan ketahanan sulfat 0,1-0,2%, Portland Type 3 untuk pembangunan tingkat tinggi, dan Portland Type 4 untuk pembangunan yang membutuhkan ketahanan terhadap sulfat di atas 0,2%.

Semen
Semen

Jenis Campur

Sama seperti Portland, semen campur juga terbagi menjadi beberapa jenis lagi. Jenis pertama adalah Portland Composite Cement atau PCC yang berfungsi untuk konstruksi beton, beton pracetak, pemasangan batu bata, paving block, dan lain-lain. Jenis kedua adalah Super Portland Pozzolan Composite Cement atau PPC yang berguna untuk konstruksi beton massa. Jenis ketiga adalah Oil Well Cement atau OWC untuk pembangunan yang membutuhkan ketahanan terhadap sulfat tinggi.

White Cement

White cement merupakan jenis material pembangunan yang berkualitas. Pada umumnya material ini digunakan untuk proses finishing karena kualitasnya tersebut. Tidak hanya bagian interior saja, Anda juga bisa menggunakannya pada bagian eksterior rumah.

Acian Putih atau Mortar TR-30

Material ini seringkali digunakan untuk proses mengaci bangunan yang sudah selesai dibangun. Dibandingkan dengan material lain, ada beberapa keunggulan yang dimiliki seperti acian lebih halus, tidak mudah retak, pengerjaan cepat, dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis semen atau cement yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Jika sudah paham kebutuhan pembangunan, maka Anda bisa memilih produk dari Tiga Roda. Produk yang dihadirkan brand ternama satu ini lengkap dan juga berkualitas. Kemasan yang sudah berlogo SNI menjadi bukti bahwa produk Tiga Roda sudah teruji. Anda bisa mendapatkan produk yang dicari di berbagai toko bangunan yang ada.