Jenis-Jenis Roller Bearing dan Fungsinya Yang Wajib Disimak

0
58

Bearing atau bantalan merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah mesin. Pasalnya keberadaan bearing ini  berfungsi untuk menghindari adanya gesekan antara poros dengan komponen yang lainnya. Ada beberapa jenis bearing yang ada saat ini. Seperti roller bearing. Keberadaan bearing ini ternyata sangat penting dalam sebuah mesin. 

Pengertian dan Jenis-jenis roller bearing

Bagi anda yang memiliki pengetahuan seputar teknik mesin, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah roller bearing ini. Roller bearing sendiri merupakan bearing yang memanfaatkan roll sebagai tumpuannya. Selain itu bearing jenis ini biasanya digunakan untuk menahan beban berat. Roller bearing ini ternyata juga memiliki beberapa jenis bearing. Dibawah ini jenis-jenis roller bearing yang patut anda baca. 

  • Tapered roller bearing 

Jenis bearing pertama yang ada di pasaran adalah tapered roller bearing. Ini merupakan sebuah bantalan rol runcing yang mana dilengkapi dengan elemen bergulir yang akan menunjang kekuatan aksial ataupun radial. 

Didalam penerapannya, jenis bearing yang satu ini biasanya akan digunakan untuk pasangan back to back sehingga akan menimbulkan kekuatan aksial lebih maksimal di kedua arah. Adapun tapered roller bearing yang memiliki pasangan. Biasanya digunakan pada mobil atau bantalan roda kendaraan. 

Bearing yang berpasangan tersebut akan bekerja bersamaan agar mampu memberikan kekuatan vertical dan horizontal yang lebih besar. Jenis roller bearing yang satu ini mempunyai bentuk kerucut dimana terdapat 2 buah roller yang mempunyai arah berseberangan. Karena bentuknya itulah, jenis bearing yang satu ini mampu menahan tekanan dari kedua arah. 

  • Cylindrial roller bearing

Untuk jenis roller bearing yang selanjutnya adalah cylindrical roller bearing. Sesuai dengan namanya, anda akan menemukan cincin lingkaran yang berada dibagian dalam dan luar yang mempunyai dua rusuk. Bagian lainnya yang memiliki satu rusuk hanya mampu menahan beban aksial didalam satu arah. 

Tingkat kekakuan pada bantalan ini cukup tinggi karena biasanya digunakan didalam peralatan dengan mesin presisi. Keberadaan bantalan roller ini memang sangat penting karena hampir semua mesin tidak akan bekerja apabila tidak adanya bantalan yang satu ini. 

Menurut sejarah, bantalan ini ternyata sudah ada sejak tahun 40 SM silam. Dimana mempunyai bentuk silinder sehingga mesin bisa bekerja dengan baik. Jenis bantalan yang satu ini memiliki keunggulan dimana tersedia dengan berbagai ukuran. 

  • Spherical roller bearings 

Berbicara soal jenis roller bearing yang mempunyai bentuk unik tentu jatuh pada spherical roller bearing. Sesuai dengan namanya, tipe bearing yang satu ini mempunyai bentuk seperti spherical dimana memungkinkan adanya sebuah perputaran dengan gesekan yang rendah tetapi mampu meminimalisir adanya ketidaksesuaian sudut. 

Pada umumnya, jenis bearing yang satu ini akan membantu kinerja sebuah poros yang berputar didalam lubang cincin tepatnya di bagian dalam.  Adapun keunggulan dari jenis bearing yang satu ini adalah mudah untuk dirawat. 

  • Needle roller bearing 

Masih ada  jenis bearing yang selanjutnya yakni needle roller bearing. Jenis bearing ini memiliki roller yang mempunyai ukuran empat kali lebih panjang dibandingkan dari diameternya berbeda dengan jenis bearing yang lainnya, bearing ini mempunyai bagian silinder yang cenderung panjang dan tipis. 

Cara kerja dari bearing ini juga sama dengan jenis bearing lainnya yakni digunakan untuk mengurangi adanya gesekan permukaan yang tengah berputar. Roller bearing menjadi salah satu bearing yang sangat penting keberadaannya. Bukan hanya itu saja, jenis bearing ini ternyata juga mempunyai beberapa jenis.