Gunakan Pelembab untuk Kulit Berminyak dan Bruntusan

0
44
pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan
pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan

Apakah Anda bingung dengan kulit berkilau yang bertahan lama tidak peduli seberapa keras usaha yang Anda coba untuk membersihkannya? Berikut alasan yang paling mungkin menjadi penyebab kulit tidak sehat, sehingga Anda harus menggunakan pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan

Genetika

Jika ibu atau ayah Anda memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar Anda mewarisi sifat tersebut. Kulit berminyak dapat diturunkan melalui gen Anda, karena memiliki kelenjar sebaceous yang lebih besar dan menghasilkan minyak berlebih. Dan hal tersebut merupakan genetika keturunan yang dapat diturunkan dari keluarga Anda.

pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan
pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan

Lingkungan Hidup

Kelembaban serta cuaca panas memiliki kecenderungan merangsang sekresi sebum, yang pada akhirnya dapat menyebabkan lebih banyak minyak pada kulit. Sebaliknya, di iklim kering atau dingin, kulit bisa mengering, menyebabkan kelenjar minyak bekerja terlalu keras untuk mengimbanginya.

Mencuci Berlebihan

Jika kulit Anda terlihat berkilau, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah mencuci muka menggunakan produk yang keras. Menggosok terlalu keras dengan waslap, alat abrasif lainnya atau dengan exfoliator kasar akan menghilangkan kelembaban kulit. Sehingga menyebabkan kelenjar memproduksi minyak secara berlebihan. Dan itulah mengapa pembersihan lembut dengan menggunakan pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan sangat penting.

Perubahan Hormonal

Hormon dan kulit berminyak sepertinya berjalan seiring. Androgen adalah hormon yang bertanggung jawab atas produksi minyak pada kulit. Dan terkadang dapat berfluktuasi, merangsang peningkatan produksi sebum. Ini sering terjadi selama masa pubertas, tepat sebelum menstruasi, selama kehamilan, dan selama menopause. Stres dan penyakit juga dapat memicu pelepasan hormon ekstra. Dan dengan hormon tersebut datang lebih banyak minyak.

Jika kulit berminyak Anda disebabkan oleh pola makan, riasan, dan mencuci kulit secara berlebihan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kulit berminyak Anda terulang kembali. Namun, faktor luar yang tidak dapat kita kendalikan, seperti hormon, gen, dan lingkungan, mungkin juga menjadi penyebabnya.

Jika pencegahan bukanlah suatu pilihan, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit berminyak. Dan menggunakan pelembab untuk kulit berminyak dan bruntusan dari Cetaphil adalah cara yang paling tepat.