Dampak Positif Mengganti Lampu Utama Mobil dengan Lampu LED

0
35
Dampak Positif Mengganti Lampu Utama Mobil dengan Lampu LED
Dampak Positif Mengganti Lampu Utama Mobil dengan Lampu LED

Tidak dapat ditampik lagi bahwa teknologi lampu LED banyak dipakai pada mobil baru. Sehingga banyak pemilik mobil lama ingin mengikuti trend lampu LED pada mobilnya. Namun perlu diingat terlebih dahulu, sebelum benar-benar mengganti dengan lampu LED mobil, sebaiknya Anda mengetahui dampak dari mengganti lampu utama ke LED. Berikut ini ulasan singkatnya!

Dampak Mengganti Lampu Utama LED Mobil

Sebelum membahas tentang dampak mengganti LED mobil, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu syarat lampu dekan dan utama pada mobil yang tertuang dalam undang-undang. Diantaranya yaitu:

  1. Jumlah lampu adalah 2 buah atau kelipatannya
  2. Dipasang di bagian depan mobil
  3. Aturan pemasangan yaitu tinggi lampu tidak boleh melebihi 1.500m dari permukaan jalan, serta lebar cahaya tidak lebih dari 400mm dari sisi paling luar mobil, dan
  4. Memancarkan cahaya paling sedikit 40m ke depan

Dampak Positif

Setelah mengetahui empat aturan umum lampu atau penerangan pada mobil, berikut ini beberapa dampak positif apabila Anda mengganti lampu utama mobil dengan lampu utama LED.

  1. Cahaya Setara Warna Matahari

Jika Anda sedang berkendara pada malam hari dan melewati jalanan yang sepi tanpa penerangan, jangan khawatir lagi. Dengan menggunakan LED, mobil Anda akan memiliki penerangan setara dengan cahaya matahari di siang hari. Sebab cahaya LED sampai dengan 5.500 Kelvin. Sorotan lampu LED dapat mencapai 150m dengan kondisi high beam yang dapat menjangkau jarak 250m. LED memiliki warna yang lebih terang, sehingga jarak pandang dan visibilitas pengemudi bertambah.

  1. Awet dan Hemat

Sudah menjadi rahasia umum apabila brand-brand LED mobil telah mengklaim bahwa produknya dapat bertahan sampai dengan umur pakai 10.000 jam. Sehingga hal ini tentu akan menghemat pengeluaran bulanan Anda. Lampu LED hanya mengkonsumsi daya setengah dari bohlam standart. 

  1. Tidak Ribet

Dengan menggunakan lampu LED pada mobil, Anda tidak perlu lagi memodifikasi rumah lampu seperti pada pemasangan lampu HID.

Itu tadi dampak positif dari mengganti lampu LED pada mobil. Semoga memberikan manfaat ya!