Cara Mengatasi Rambut Mengembang Di Rumah

0
45
Cara Mengatasi Rambut Mengembang
Cara Mengatasi Rambut Mengembang

Apa yang menyebabkan rambut mengembang? Ketika rambut rusak atau kering, lapisan luar rambut (kutikula) terangkat, yang memungkinkan kelembaban rambut berkurang dan menjadikan rambut mengembang. Sederhananya, rambut kering sama dengan rambut lebih banyak mengembang.

Untungnya, kamu tidak harus tetap berada dalam kondisi ini selamanya. Berikut ini ada cara mengatasi rambut mengembang yang dapat kamu lakukan di rumah.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang
Cara Mengatasi Rambut Mengembang

1. Pertimbangkan perawatan di salon

Perawatan di salon seperti blow-out dan perawatan keratin bisa membantu mengubah rambut mengembang kamu menjadi rambut halus yang kamu impikan. Perawatan keratin dipercaya dapat melakukan keajaiban bahkan untuk rambut yang rusak. Tetapi kamu harus ingat bahwa, tidak semua paket perawatan keratin aman. Beberapa bahkan mengandung bahan kimia yang beracun dan tidak boleh dihirup.

Pilihlah salon rambut terpercaya dan pastikan mereka menggunakan produk kimia yang aman dan memiliki BPOM untuk memberikan hasil yang lebih baik dengan jumlah resiko kesehatan yang paling sedikit.

2. Pertahankan panas pada alat styling kamu

Pengaturan panas yang tinggi dapat menyebabkan kutikula rambut rusak dan mengembang, jadi gunakan alat styling rambut pada suhu sedang atau rendah. Pastikan juga kamu menggunakan hair protectant sebelum menggunakan alat styling rambut untuk melindungi rambut dari panas.

3. Cuci rambut kamu lebih jarang

Mencuci rambut terlalu sering dapat mengurangi minyak alami pada rambut, dan membuatnya lebih kering, yang menyebabkan rambut mengembang. Jika kamu memiliki rambut berminyak alami, gunakan dry shampoo sebagai cara mengatasi rambut mengembang, khususnya untuk mengontrol minyak hingga pencucian berikutnya.

4. Shampoo bebas sulfat

Sulfat hanya menghilangkan kotoran dari helai rambut, yang menyebabkan rambut menyerap kelembaban di udara seperti spons. Sebagai gantinya, pilihlah shampo dengan kandungan asam amino dan bebas sulfat. Asam amino melindungi rambut dari dalam dan mengunci kelembaban rambut. Kamu dapat memilih CLEAR Complete Soft Care Shampoo yang memiliki kandungan asam amino, yang merupakan pilihan terlaris untuk perawatan kulit kepala. 

5. Hindari menggosok rambut dengan handuk

Dan cara mengatasi rambut mengembang yang terakhir adalah menggosok rambut basah dengan handuk menyebabkan gesekan yang dapat merusak kutikula rambut. Saat mengeringkan rambut, sebaliknya peras air dengan lembut dengan tangan dan biarkan rambut kering alami.