Cara Mencegah Keputihan Saat Berada di Rumah

0
167

Wanitapasti pernah mengalami yang namanya keputihan, baik keputihan normal maupunkeputihan abnormal. Meskipun kepuitihan situ tidak datang setiap bulan, tapidiantara sebagian wanita mengalami hal yang tidak nyaman dan resah. Apalagijika keputihan tersebut cukup banyak dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Mudah sekali, yaitu dengan cara melakukangaya hidup sehat dan mengetahui Cara Cegah Keputihan dengan baik apalagi jika Anda sedang berada di rumah bisamelakukan hal-hal sebagai berikut ini:

  • Mencuci area kewanitaan dengan menggunakan air hangat secara lembut, kemudian keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut atau dengan tissu hingga kering. Perlu diingat, jangan menggosok atau mengusapnya terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Hindari penggunaan sabun antiseptik atau gel, sabun wangi, maupun douching, karena dapat mempengaruhi pH dan bakteri pada bagian organ intim, jika Anda ingin menggunakan sabun saat mencuci bagian tersebut, gunakan yang tanpa pewangi.
  • Jika Anda mengalami keputihan yang cukup banyak, maka Anda perlu mengganti celana dalam lebih sering lagi, hal tersebut dilakukan supaya kelembapan pada bagian organ intim bisa terjaga dengan baik.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, disarankan untuk mengonsumsi yogurt jika Anda sedang masa pengobatan antibiotik, hal ini untuk menurunkan risiko terinfeksi jamur.
  • Jika keputihan abnormal atau berlangsung lama, maka Anda harus segera periksakan diri ke dokter untuk mengonsultasikannya secara langsung dan penanganan yang lebih cepat.
  • Jika Anda sedang dalam masa pengobatan, sebaiknya tunda dulu hubungan suami isteri setelah Anda pulih kembali.

Perludiwaspadai juga jika Anda mengalami keputihan abnormal, karena keputihan yangtidak wajar tersebut bisa saja terindikasi medis tertentu ataupun disebabkankarena jamur atau parasit maupun terinfeksi bakteri. Oleh karena itu, Andaharus mewaspadai jika keputihan yang tak kunjung berhenti. Sama halnyamenstruasi, jika Anda menstruasi dalam waktu yang tidak biasa harus mengetahui Penyebab Gangguan Menstruasi tersebutagar lebih tahu masalahnya dan cara mengatasinya. Jangan lupa juga untukmembaca informasi-informasi penting lainnya GueSehat seputar kesehatan Andasehari-hari.