Cara Hitung Biaya Bangun Rumah

0
39
cara hitung biaya bangun rumah
cara hitung biaya bangun rumah

Memiliki rumah memang menjadi impian bagi setiap keluarga. Iya rumah merupakan kebutuhan pokok setiap keluarga sebagai tempat tinggal. Untuk memiliki rumah, seseorang dapat membelinya dalam bentuk jadi atau membangunnya mulai dari nol. Kedua opsi tentu memiliki keunggulan masing-masing baik dari segi biaya yang dikeluarkan hingga desain.

Kira-kira Anda ingin beli rumah jadi atau bangun rumah sendiri nih sob? Yang jelas jika Anda membeli rumah jadi, maka biaya yang harus dikeluarkan sudah jelas, namun jika Anda ingin membangun dari awal tentu harus memahami cara hitung biaya bangun rumah sehingga bisa menyiapkan anggaran terlebih dahulu. 

cara hitung biaya bangun rumah
Cara hitung biaya bangun rumah

Membangun rumah sendiri tentu akan membuat Anda lebih bebas dalam menentukan desain, arsitek , hingga bahan-bahan yang digunakan. Nah untuk mengetahui perkiraan dana yang dibutuhkan untuk membuat rumah tentu kita membutuhkan RAB (Rencana Anggaran Biaya).

RAB merupakan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing perkembangan atau proyek konstruksi sejak awal hingga akhir. RAB tentunya sangat bermanfaat sebagai pedoman awal untuk mengerjakan sebuah proyek konstruksi agar nantinya dapat berjalan dengan lancar. 

Nah ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghitung rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah yaitu dengan sistem analisa harga bangunan dan dengan sistem meter persegi. Kedua sistem ini tentu memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing dalam memperkirakan anggaran biaya yang dibutuhkan.

Untuk sistem penghitungan meter persegi memiliki keunggulan yakni estimasi waktunya yang lebih cepat. Sedangkan untuk sistem analisis harga satuan bangunan memiliki keunggulan yakni dapat memberikan rincian harga yang lebih detail. 

Cara hitung biaya bangun rumah tahap awal adalah dengan membuat RAB.  Terdapat beberapa langkah yang harus diterapkan untuk membuat RAB mulai dari membuat skema pekerjaan, menghitung volume pekerjaan serta harga satuan kerja, dan hitung jumlah biaya pekerjaan.

Perlu diketahui juga bahwa kebutuhan anggaran biaya akan tergantung pada upah pekerja, luas bangunan, serta harga material. Untuk itu pastikan Anda memilih material yang hemat dengan kualitas terbaik dari semen tiga roda.