Cara Deteksi Bakat Anak Sejak Dini

0
49
anak berbakat
anak berbakat

Keahlian dan keterampilan seseorang dalam berbagai bidang pasti berbeda. Perbedaan ini didasari karena perbedaan bakat yang dimilikinya karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula kemampuan Si Kecil dalam melakukan hal-hal tertentu. Selain faktor pendidikan dan lingkungan, bakat alamiah menjadi salah satu faktor penentu terhadap kemampuannya.

Maka dari itu, anak berbakat harus dideteksi sejak dini oleh para orang tua. Bakat yang telah muncul harus terus diasah dengan baik. Misalnya dengan latihan rutin, mengikuti berbagai lomba ataupun mengikuti kursus dalam suatu bidang. Hasilnya, bakat anak akan teroptimalkan dan tumbuh menjadi apa yang diinginkan.

Memperkenalkan Berbagai Macam Hal Kepada Si Kecil

Perbedaan setiap bakat anak tentu dapat diketahui apabila sebelumnya telah diperkenalkan dengan berbagai macam bidang. Hal ini juga termasuk ke dalam tahapan pendidikan bagi anak. Bunda dapat memperkenalkan mengenai bidang seni, bidang olahraga, lingkungan alam hingga kecanggihan teknologi.

anak berbakat
anak berbakat

Tetapi perlu diingat pada fase pengenalan ini Bunda harus menyampaikannya dengan dibarengi praktek agar Si Kecil lebih memahami bidang tersebut. Misalnya memperkenalkan mengenai sepak bola, maka Bunda dapat menunjukkan jenis bola yang biasa dimainkan serta bagaimana cara memainkannya.

Biarkan Si Kecil Mengeksplor Hal yang Disukai

Tahap pengenalan mengenai beragam bidang merupakan tahapan awal. Si Kecil tentu dapat mulai memilih apa yang disukainya. Tanda-tandanya dapat dilihat ketika Si Kecil ingin melakukan hal tersebut berulang-ulang. Misalnya bermain alat musik yang menjadi mainannya misalnya piano.

Apabila ada ketertarikan saat sekedar memainkan piano, maka dapat menjadi salah satu bentuk kecondongannya terhadap hal yang disukai. Contoh lain apabila saat bermain bola dapat menendang bola dengan baik maka menjadi salah satu tanda bahwa Si Kecil memiliki bakat di bidang olahraga sepak bola.

Fasilitasi dengan Semaksimal Mungkin

Apabila telah timbul kecenderungan bakat anak di dalam suatu bidang maka tugas Bunda adalah dengan menyediakan fasilitas yang menunjang untuk mengasah bakatnya tersebut.

Misalnya jika memang memiliki ketertarikan terhadap musik, maka dapat diajarkan mengenai konsep musik, mulai mendengarkan musik saat beraktivitas, hingga membelikan alat musik yang menjadi kesukaannya. Hal ini jika dilakukan dengan konsisten akan membangun bakat anak yang telah dideteksi sebelumnya.

Beberapa hal tersebut merupakan cara deteksi anak berbakat sesuai dengan kemampuan dan kesukaannya. Membangun bakat anak untuk terus bereksplorasi harus dilengkapi dengan nutrisi yang seimbang. Bunda juga dapat mendukungnya  dengan Dancow Gum, yaitu rangkaian susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun. Terus asah bakat Si Kecil untuk mengoptimalkan bakat yang dimilikinya.