Berikan Asupan Berikut Ini Untuk Meningkatkan Imunitas Anak

0
253

Melihat anak sakit tentu membuat sedih orang tua dimanapun. Kondisi anak memang rentan terjangkit berbagai macam penyakit, baik itu infeksi virus ataupun bakteri yang ada di sekitar kita. Menurut para ahli, kondisi sakit pada anak adalah salah satu cara bagi tubuh untuk meningkatkan imunitas anak tersebut.

Akan tetapi, seringnya anak mengalami berbagai macam penyakit tentu akan membingungkan para orang tua yang menganggap bahwa anaknya memiliki sistem imun yang lemah. Meskipun kondisi sakit pada anak merupakan cara terbaik nya dalam peningkatan respon imun, tetapi orang tua harus membekali anak dengan asupan yang terbaik untuk membangun sistem imunitas yang baik pada anak tersebut.

Bagaimana orang tua bisa memberikan asupan yang terbaik untuk meningkatkan imunitas anak? berikut ini tips nya :

1. Pemberian ASI Eksklusif

ASI Eksklusif yang diberikan secara intens pada usia anak 0-6 bulan dapat mengaktifkan sistem imun pada anak. Dengan aktifnya sistem imunitas pada anak saat bayi ini akan meningkatkan imunitas serta memberikan perlindungan dari berbagai macam penyakit pada masa pertumbuhannya selanjutnya.

ASI mengandung berbagai macam antibodi yang diperlukan oleh tubuh anak, salah satunya kolostrum yang mengandung immunoglobulin, suatu zat yang super ampuh untuk melawan tubuh dari berbagai kuman dan penyakit.

2. Hindari Pemberian Asupan Tinggi Gula

Makanan atau minuman yang mengandung gula yang cukup tinggi bisa membuat tubuh dengan mudah terserang virus ataupun bakteri. Pemberian asupan yang manis cukup diberikan dalam batasan yang normal.

Menurut WHO, tubuh manusia hanya membutuhkan gula setara dengan 50 gram/hari. American Heart Association hanya merekomendasikan pemberian gula untuk anak usia diatas 2 tahun sebanyak 6 sendok teh per hari nya.

Jadi, jangan berlebihan dalam memberikan asupan tinggi gula pada anak ya, Mom!

3. Berikan Asupan Susu Terbaik

Susu merupakan asupan yang bergizi tinggi untuk diberikan pada anak. Komposisi dalam susu ini dibutuhkan anak untuk masa pertumbuhannya. Setelah pemberian ASI Eksklusif, selanjutnya pada ibu bisa memberikan asupan susu untuk anak sesuai dengan usia nya masing-masing.

Biasanya asupan susu bisa diberikan mulai dari usia 1-2 tahun. Kandungan lemak dalam susu dipercaya baik untuk perkembangan otak pada anak.

Tips diatas bisa menjadi solusi pada orang tua untuk menjaga dan melindungi buah hati dari serangan penyakit yang saat ini banyak dikhawatirkan. Dengan mengikuti tips-tips di atas, para ibu tidak lagi perlu khawatir dengan perkembangan buah hati tercinta. Dengan pemberian asupan yang tepat bisa menjadi solusi untuk meningkatkan imunitas anak.