Berbagai Hal Penting Mengenai BPJS Kesehatan

0
37
Berbagai Hal Penting Mengenai BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau sering kita kenal dengan BPJS Kesehatan, adalah suatu badan usaha milik negara (BUMN) yang ditunjuk oleh pemerintah dalam penyelenggaraan jaminan pemeliharaan bagi seluruh masyarakat Indonesia, dari berbagai kalangan. Sementara untuk cara bayar bpjs nya sendiri, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. 

Yang dimana untuk cara bayar bpjs cara lama, bisa anda langsung dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota anda. Sementara untuk cara yang lebih mudah dan praktis, maka anda bisa mengandalkan Bank Sinarmas untuk membayar iuran rutinan bulanan BPJS Kesehatan anda. Tidak hanya bisa membayar via Anjungan Tunai Mandiri (ATM), melalui bank Sinarmas ini, anda juga bisa membayar via online dengan aplikasi keluaran Bank Sinarmas yakni SimobiPlus.

Nah, dengan adanya layanan cara bayar bpjs dari Bank Sinarmas ini, tentunya anda jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk mengantri di kantor BPJS Kesehatan di kota anda, melainkan dengan mengandalkan smartphone anda, saja anda bisa membayar iuran BPJS kesehatan dengan lebih simpel. Terlebih untuk beban biaya admin setiap transaksi pembayaran BPJS Kesehatan melalui Bank Sinarmas ini, tidak mahal kok! Yakni hanya dibebankan biaya administrasi Rp 2.500 saja. 

Dirundung Kredit Bermasalah, Prospek Bank Sinarmas Negatif - Finansial  Bisnis.com

Hal lain yang seringkali orang pertanyakan adalah bagaimana cara untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan ini? Caranya cukup mudah, anda tinggal ikuti beberapa langkah dibawah ini.

  1. Mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar kepesertaan BPJS Kesehatan seperti diantaranya ada fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), pas foto 3×4, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan juga alamat email yang aktif.
  2. Mempersiapkan uang untuk pembayaran iuran bulan pertama, yang jumlah nominalnya bisa disesuaikan dengan kelas BPJS Kesehatan yang anda ambil. Dengan rincian sebagai berikut:
  • Kelas I dibebankan iuran bulanan sebesar Rp 150.000 perbulan
  • Kelas II dibebankan iuran bulanan sebesar Rp 100.000 perbulan
  • Kelas III dibebankan iuran bulanan sebesar Rp 42.000, namun khusus kelas ini pemerintah sudah memberikan subsidi sebesar Rp 7.000, sehingga dengan demikian peserta BPJS Kesehatan kelas III ini, hanya dibebankan iuran bulanan hanya sebesar Rp 35.000 saja. 
  1. Membuka website BPJS Kesehatan melaui gadget yang anda miliki bisa melalui smartphone, tablet, laptop ataupun PC, lalu isi data diri anda secara lengkap, dan pilih kelas BPJS Kesehatan mana yang mau anda ambil. 
  2. Menunggu email notifikasi dari BPJS Kesehatan yang untuk mendapatkan nomor registrasi pendaftaran BPJS Kesehatan. 
  3. Melakukan pembayaran setelah mendapatkan email notifkasi dari BPJS Kesehatan melalui Bank yang ditunjuk seperti Bank BRI, Mandiri, dan juga Bank BNI. 
  4. Melakukan percetakan kartu BPJS Kesehatan di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Dan selamat status anda pun sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan yang sudah aktif. 

Cukup mudah sekali bukan cara untuk mendafar kepesertaan BPJS Kesehatan ini? Nah sebelum mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, anda juga wajib mengetahui tentang beragai manfaat mengikuti kepesertaan BPJS Kesehatan ini, yang bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • Peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan pelayanan bersifat mencegah seperti pelayanan KB, Imunisasi, skrining kesehatan dan juga penyuluhan
  • Peserta BPJS Kesehatan bisa juga mendapatkan pelayanan pengobatan penyakit, rehabilitasi, rawat inap, rawat jalan, kebutuhan obat dan lain sebagainya.
  • Peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan pelayanan yang sifatnya non medis seperti misalnya pelayanan ambulans dan biaya akomodasi kesehatan lainnya.